1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Cara alami ampuh atasi sariawan

Radang di bagian dalam mulut biasanya disebabkan kurangnya nutrisi

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 07 November 2016 16:02

Merdeka.com, Makassar - Sariawan, yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan stomatitis merupakan radang yang terjadi pada bagian dalam mulut. Biasanya berupa bercak putih kekuningan, baik tunggal maupun berkelompok.

Sariawan biasanya menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit rongga mulut. Meski tidak tergolong berbahaya, nyatanya sariawan sangat mengganggu. Penyakit ini biasanya mengurangi selera makan yang disebabkan rasa perih akibat sentuhan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sariawan. Bisa adi karena kekurangan nutrisi dan zat besi, mulut tergigit, iritasi makanan pedas, serta alergi produk kesehatan sepeti pasta gigi dan obat. Sariawan juga kerap disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Bagi Anda yang sedang terkena sariawan, ada beberapa tips alami untuk mengatasinya dengan sederhana. Tips ini bisa dilakukan siapa pun dengan bantuan bahan yang banyak tersedia di sekitar. Dikutip dari 1Health Indonesia, berikut tipsnya.

  • Berkumur dengan air garam. Bilas mulut Anda dengan air garam setidaknya tiga atau empat kali sehari. Ambil satu sendok garam dan mencampurnya dengan baik dalam air hangat. Berkumurlah beberapa detik lalu ludahkan.
  • Minyak jarak. Jika sering mengalami sariawan, oleskan minyak jarak di daerah yang terkena. Minyak ini dipercaya mampu meringankan panas dari tubuh Anda.
  • Konsumsi air kelapa. Air kelapa akan mendinginkan tubuh Anda dan membantu meringankan rasa sakit akibat sariawan.
  • Jus cranberry. Konsumsilah jus cranberry saat sariawan, karena buah ini dipercaya efektif atasi masalah sariawan.
  • Oleskan madu. Mengoleskan madu pada luka sariawan, juga bisa menjadi cara alami untuk atasi sariawan.
(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA