1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Seberapa sering sebaiknya kita mandi? ini penjelasannya

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling penting untuk selalu dibersihkan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 31 Mei 2016 17:06

Merdeka.com, Makassar - Sebagian orang berpendapat mandi sesering mungkin adalah kebiasaan baik. Kenyataannya, ada juga yang memandang bahwa terlalu sering mandi juga tidak baik. Pandangan yang paling umum diterapkan di kebanyakan belahan dunia adalah, setidaknya mandi satu hari dalam sekali.

Sebuah studi di tahun 2009 oleh AOL, menunjukkan bahwa 65 persen orang mengikuti kebiasaan tersebut. Sisanya mengikuti kebiasaan yang beragam, mulai dari mandi lebih dari 1 kali dalam sehari, atau hanya beberapa kali dalam seminggu. Pertanyaannya, seberapa seringkah sebaiknya kita mandi.

Dampak terlalu sering mandi

Beberapa dokter kulit dan rambut melihat bahwa ternyata terlalu sering mandi juga berdampak tidak baik, apalagi jika setiap kali mandi selalu menggunakan shampo dan sabun. Di kulit kita terdapat bakteri baik dan bermanfaat untuk kesehatan, yang membantu sel-selu menciptakan antibiotik melawan bakteri baik.

Hilangnya bakteri-bakteri baik karena penggunaan shampo dan sabun menyebabkan kulit akan lebih rentan terhadap gatal-gatal dan infeksi. Di sisi lain, kulit juga menjadi lebih kering dan cepat berkeriput. Efek yang sama juga berlaku pada rambut, yang terdiri atas serabut. Semakin sering serabut itu dicuci, semakin rusak kelihatannya. Mereka yang mencuci rambut satu kali dalam beberapa hari mengaku bahwa mereka memiliki rambut yang lebih indah.

Seberapa sering kita mandi

Kembali ke topik utama. Sebenarnya tidak ada rujukan pasti untuk urusan ini. Kebiasan mandi adalah hal relatif, tergantung kelembaban dan panasnya lingkungan, bau, kotoran, keringat, aktivitas, tipe kulit dan rambut, serta banyak lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana penggunaan shampo dan sabun.

Untuk Anda yang mandi lebih dari satu kali dalam satu hari, pertimbangkan untuk mandi hanya dengan air saja. Dr. Sanjay Jain, penulis dari buku "Optimal Living 360" mengatakan bahwa jika kita melihat sejarah, orang-orang terdahulu hanya mandi dengan air saja dan hal itu terbukti efektif bahkan orang-orang terdahulu memiliki jangka hidup yang relatif lebih panjang.

Gunakanlah shampo dan sabun karena kebutuhan bukan kebiasaan. Sebagai contoh, jika Anda sudah merasa bahwa rambut Anda sudah terlalu berminyak, kotor, atau bau maka tidak ada salahnya Anda mengenakan shampo. Hal ini juga dapat dikatakan sama untuk sabun. Ingatlah kembali sebagaimana dijelaskan di atas, jika ada orang yang menanyakan hal ini maka yang harus dilihat adalah siapa yang bertanya, bagaimana aktivitas mereka, tipe kulit mereka, atau lingkungan mereka.

Tangan paling penting

Selain semua hal di atas, ada satu bagian paling penting di tubuh kita yang harus dicuci setiap hari bahkan beberapa kali dalam satu hari. Bagian itu adalah kedua tangan kita. Ini karena semua hal yang kita lakukan umumnya pasti menggunakan tangan dan tidak ada yang tahu seberapa kotor benda yang kita sentuh setiap harinya.

Dilansir dari Daily Mail, John Oxford, professor virologi Queen Mary's Schoold of Medicine and Dentistry mengatakan: "Selama orang-orang memperhatikan kebersihan tangan dan bagian bawah tubuh mereka, maka mandi 1 kali selama beberapa hari tidak ada salahnya."

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA