1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Ada trotoar baru di pantai Losari, mirip Walk of Fame di Hollywood

Bakal menampilkan hiasan berupa ukiran nama-nama tokoh dan pepatah lokal Makassar

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 23 November 2016 14:52

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar tengah membangun pedestrian berkonsep baru untuk memanjakan pejalan kaki.  Pedestrian dengan nama Bundaratta' dalam waktu dekat mulai bisa ditemukan masyarakat umum di kawasan Anjungan Pantai Losari jalan Penghibur Makassar, sebagai proyek percontohan.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengungkapkan, Bundaratta' dibangun dengan konsep trotoar bintang lima. Seperti namanya, trotoar ini dipenuhi dengan ubin-ubin berdesain lingkaran di sepanjang koridornya. Bentuk lingkaran dipadankan dengan warna-warna cerah yang memanjakan mata.

Keistimewaan trotoar ada pada ubin berbentuk lingkaran. Pada masing-masing lingkaran terdapat hiasan. Ada yang berisikan ukiran nama-nama raja di masa lalu, wali kota dari masa ke masa, serta pepatah bijak dan kalimat motivasi dari tokoh-tokoh lokal Makassar.

"Kita ingin menanamkan pesan motivasi pada pedestrian ini. Selain konsepnya yang dirancang ramah pejalan kaki," kata Danny.

Trotoar konsep baru nantinya dijamin bebas dari aktivitas parkir kendaraan. Pada kedua sisinya ditanami pohon agar pejalan kaki merasa teduh. Adapun pada titik tertentu disiapkan pojok khusus bagi pedagang souvenir, untuk memudahkan wisatawan.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kota Makassar sebagai kota dunia yang nyaman untuk semua, termasuk pejalan kaki," ujar Danny.

Danny menyebut pedestrian Bundaratta sebagai konsep nomor satu dunia. Proyek ini mirip dengan Walk of Fame di Hollywood. Walk of Fame merupakan trotoar sepanjang 15 blok di Hollywood Boulevard, di Los Angeles, Amerika Serikat. Trotoar tersebut menampilkan lebih dari 2.400 keramik teras bergambar bintang dan bertuliskan nama artis dan karakter fiksi sebagai bentuk penghargaan dari kamar dagang Hollywood terhadap sumbangsih mereka bagi industri hiburan.

(AP)
  1. Infrastruktur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA