1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Danny ajak mahasiswa KKN petakan kemiskinan

Persoalan terbesar perkotaan ada di lorong-lorong

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 20 Juni 2016 16:17

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mengajak 160 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata tematik Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Pemerintah Kota dan Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk memetakan kemiskinan di Makassar.

Ajakan itu disampaikan Danny saat membuka Pembekalan Pendampingan Pengembangan Infrastruktur Pemukiman dengan Pola Tematik di gedung IPTEK Unhas, Senin, (20/06).

Persoalan kemiskinan menurut Danny perlu dipetakan, dimulai dengan mengidentifikasi akar permasalahan. Hal itu penting untuk menemukan solusi cerdas dan tepat terhadap problem kemiskinan di Makassar. Kemiskinan sebagai masalah sosial menjadi keniscayaan bagi kota - kota berkembang yang menjadi tujuan kaum urban untuk mengadu nasib di sana.

Tak terkecuali bagi Makassar yang tengah berbenah menuju kota dunia. Jumlah penduduk yang menembus angka hingga 1.7 juta jiwa hadir bersama seluruh problematikanya.  Makassar memiliki 7.520 lorong yang tersebar di 14 kecamatan dan 143 kelurahan dengan luas wilayah mencapai 175.8 kilometer persegi.

"Umumnya persoalan terbesar perkotaan ada di lorong - lorong termasuk persoalan kemiskinan. Olehnya itu, hal pertama yang dilakukan pemerintah adalah menata lorong," ujar Danny.

Lorong bagi Danny adalah sel kota yang menentukan sehat, sakit, hidup atau matinya kota. Danny mengajak mahasiswa KKN Tematik Unhas yang akan berada di lokasi KKN selama dua bulan dengan menempati empat kecamatan turun ke lorong - lorong melakukan identifikasi persoalan.

"Apa penyebab kemiskinan itu? Apakah kultural karena masyarakatnya kurang inisiatif dan motivasi kerja ataukah karena karakter atau ada faktor lainnya," terang Danny.

Wali Kota Danny bahkan menganjurkan mahasiswa KKN tematik Unhas untuk menginap di rumah - rumah warga yang tergolong pra sejahtera melakukan pemetaan akar persoalan ekonomi yang dihadapinya, "Ada gerakan pendampingan kepada masyarakat Pra Sejahtera. Peserta KKN disebar, satu mahasiswa satu keluargan pra sejahtera. Mereka menginap selama tiga hari melakukan sentuh hati mencari tahu apa penyebab kemiskinan itu lalu melakukan koding terhadap persoalan yang ada."

Penanggulangan kemiskinan menurut Danny, tidak boleh diatasi dengan konsep Sinterklas. Masyarakat harus dimotivasi untuk berjuang meningkatkan kualitas hidup dan pemerintah harus menciptakan ruang untuk itu.

Saat ini berdasarkan data BI yang disampaikan saat pertemuan gubernur BI bersama sejumlah kepala daerah di bulan Juni 2016, tingkat pertumbuhan ekonomi Makassar adalah yang tertinggi di Indonesia, mencapai 7,4% lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada di angka 4,9% dan dunia pada titik 2,3%.(NIA)

(AP)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA