1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Ini kiat Pemkot Makassar agar warga tak segan ke puskesmas

Sikap sombere sebagai slogan layanan pemerintah, mutlak dibutuhkan petugas di bidang kesehatan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 23 September 2016 12:07

Merdeka.com, Makassar - Dinas Kesehatan Kota Makassar, Jumat (23/9) berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan menggelar pelatihan kepribadian kepada puluhan petugas kesehatan dari berbagai pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin mengatakan, pada pelatihan tersebut para petugas puskesmas mendapatkan pelatihan komunikasi. Melalui lisan dan bahasa tubuh, mereka diharapkan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang datang berkunjung. 

“Ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam memberikan pelayanan publik yang bersifat sombere,” kata Naisyah.

Sombere, kata Naisyah merupakan salah satu sikap yang mutlak dibutuhkan para petugas kesehatan, di mana pun berada. Dalam bahasa Makassar, sombere berarti sikap ramah, sopan dan santun. Hal itu guna menghadirkan rasa nyaman bagi masyarakat.

“Makanya mereka dilatih berkomunikasi yang baik dengan pasien, berbicara yang baik, menunjukkan bahasa tubuh yang empati. Kuncinya bagaimana memberikan pelayanan sombere kepada masyarakat,” ujar Naisyah.

Naisyah berharap pelayanan yang prima dari para petugas membuat masyarakat tak lagi segan datang memeriksakan diri ke puskesmas. Selama ini, ada sebagian warga kota yang disebut takut berkunjung karena petugas yang tidak ramah.

“Dengan begitu, semua masyarakat bisa tersentuh layanan kesehatan.”

Pelatihan yang digelar Dinas Kesehatan Kota Makassar diikuti oleh petugas kesehatan di 46 puskesmas se-Makassar. Sebelumnya, Dinas juga memberikan pelatihan serupa bagi petugas non office puskesmas, seperti petugas loket dan lain sebagainya.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA