1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Jurnalis Halmahera Utara belajar kehumasan di Makassar

Pemkot menghargai media sebagai mitra yang menjalankan fungsi kontrol sosial

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 20 Oktober 2016 16:24

Merdeka.com, Makassar - Forum Jurnalis Halmahera Utara (FJH) bekerjasama dengan Bagian Informasi dan Komunikasi Sekretariat Kabupaten setempat berguru jurnalistik dan kehumasan di Makassar. Rombongan FJH yang berjumlah 15 orang mengunjungi Kantor Balai Kota Makassar, Jumat (20/10).

Di Balai Kota, rombongan yang dipimpin oleh Ketua FJH Samsir Hamajen diterima oleh pejabat kehumasan Pemkot Makassar.

“Kami bermaksud mempelajari bagaimana peran dan kerja sama Humas Pemkot Makassar dengan wartawan, baik media cetak dan elektronik,” kata Samsir.

Selama hampir dua jam, rombongan FJH terlibat diskusi dengan Humas Pemkot Makassar. Dijelaskan bagaimana posisi strategis media sebagai mitra pemerintah kota dalam menyebarluaskan informasi, program, dan kebijakan melalui pemberitaan di media cetak ataupun elektronik.

Demi melancarkan tugas - tugas pewarta, Humas Pemkot Makassar menyediakan ruang khusus bagi wartawan yang disebut Press Room. Ruang ini dilengkapi fasilitas internet dan PC (Personal Computer) serta telepon yang memudahkan jurnalis menjalankan tugas profesinya.

Peran media bagi Humas Pemkot Makassar sebagai mitra yang menjalankan fungsi kontrol sosial di masyarakat. Kepala Sub Bagian Pemberitaan Humas Pemkot Muhammad Ilyas Said mengatakan, itu jadi alasan pemerintah kota sangat menghargai kritikan yang sifatnya membangun dan dapat dipertanggungjawabkan oleh media massa.

"Kritikan itu penting sebagai cermin bagi pemerintah untuk melihat kekurangan yang masih perlu dilengkapi dalam proses pemerintahan yang tengah berjalan, asal disampaikan secara proporsional dan bertanggungjawab," kata Ilyas.

Kepala Sub Bagian Pengaduan Humas Nuri Trihendrayani memaparkan bentuk kemitraan yang dilakukan bersama media lokal dengan membuka layanan pengaduan.

"Pemerintah dan masyarakat dapat berinteraksi melalui layanan pengaduan di media cetak. Semua aduan masyarakat yang disampaikan di kolom aduan akan dijawab oleh pemerintah kota setelah melalui alur atau proses di internal organisasi," Nuri menjelaskan.

Diskusi antara Humas Pemkot Makassar dan FJH dilanjutkan dengan kunjungan ke redaksi salah satu koran lokal Makassar yang berkantor di Jalan Urip Sumiharjo. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA