1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar dapat Adipura, Wali Kota ajak sujud syukur di TPA

Penghargaan harus jadi pengingat bagi warga kota untuk membiasakan hidup bersih

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 20 Juli 2016 16:18

Merdeka.com, Makassar - Kota Makassar dipastikan meraih Piala Adipura 2016 dari Kementerian Lingkungan Hidup, setelah mencatatkan prestasi yang sama pada tahun lalu. Berbeda dengan piala tahun 2015 untuk kategori Kota Metropolitan, tahun ini Makassar berhasil meraih Piala Adipura Kirana yang dianugerahkan kepada kota yang berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi yang bertumpu pada perdagangan, pariwisata, investasi, dan lingkungan hidup.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dijadwalkan akan menjemput langsung Piala Adipura di kabupaten Siak, Riau pada Jumat, 22 Juli mendatang. Piala lalu diboyong ke Makassar ke Makassar sehari kemudian.

Asisten I Pemkot Makassar, Sabri mengatakan, Piala Adipura Kirana akan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada Sabtu siang dan langsung diarak menuju Tempat Pembuangan Akhir Tamangapa.

"Rutenya melewati Jalan Poros Makassar - Maros menuju Perintis Kemerdekaan hingga Urip Sumihardjo lalu berbelok ke Andi Pangerang Petta Rani bergerak ke Letjend Hertasning lanjut ke Aroepala dan berbelok ke Antang kemudian berakhir di TPA Tamangapa," kata Sabri.

Di TPA Tamangapa, Danny -sapan Ramdhan- akan mengajak semua pejabat instansi pemerintahan, camat, lurah, ketua RT/RW, organisasi masyarakat, dan tokoh masyarakat untuk melakukan sujud sebagai tanda syukur atas anugerah Adipura Kirana yang berhasil diraih Makassar tahun ini.

"Kita patut bersyukur, seluruh kerja keras petugas kebersihan, jajaran pemerintahan dari lurah hingga SKPD, RT/RW, dan dukungan seluruh warga kota, Makassar dua tahun berturut - turut kembali meraih Adipura," kata Danny.

Ada sejumlah indikator yang menjadi penilaian kesuksesan Makassar meraih Piala Adipura Kirana. Di antaranya keberhasilan pemerintahan Danny Pomanto bersama jajarannya membenahi TPA Tamangapa, pengelolaan sampah melalui bank sampah di tiap kecamatan ataupun kelurahan termasuk bank sampah induk, sistem penjemputan sampah, dan pengantongan sampah.

Sistem penilaian tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun lalu, seluruh kota yang mendapatkan undangan presentasi dan wawancara dipastikan meraih piala Adipura. Adapun tahun ini ada sekitar 10 kota yang gugur pada sesi itu.

Danny menambahkan, Adipura Kirana yang diraih tahun ini menjadi pengingat bagi seluruh warga kota untuk membiasakan hidup bersih, memiliki tanggung jawab sosial sebagai warga kota untuk selalu mencintai kotanya dengan menjaga kebersihan dan membudayakan hidup bersih di lingkungannya. “Program seperti MTR (Makassar Ta Tidak Rantasa) dan Longgar (Lorong Garden) harus tetap berjalan hingga hidup bersih, cinta pada lingkungan menjadi karakter warga kota Makassar,” ujarnya. (NIA)

(AP)
  1. Penghargaan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA