1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar dapat penghargaan karena Lorong KB

Penghargan diterima pada peringatan Hari Anak Nasional

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 26 Juli 2016 16:44

Merdeka.com, Makassar - Setelah Piala Adipura, Pemerintah Kota Makassar kembali mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini berupa penghargaan Manggala Karya Kencana melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat atas komitmen pembangunan kesejahteraan keluarga. Piagam rencananya diserahkan pada puncak peringatan hari keluarga nasional, 29 Juli di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Badan Keluarga Berencana Kota Makassar Daniel Pakambanan menganggap penghargaan ini merupakan sejarah, karena untuk pertama kalinya diterima Makassar. Hal itu, menurut dia, tak terlepas dari peran serta berbagai pihak dalam mengupayakan keberhasilan menjalankan program KB.

Menurut Daniel, salah satu hal yang menyebabkan Makassar menerima penghargaan Manggala Karya Kencana adalah adanya inovasi berupa pengembangan program Lorong KB. “Pengembangan KB ini lebih dulu diterapkan di Makassar,” katanya.

Program Lorong KB yang dirintis sejak 2014, beberapa waktu lalu dijadikan proyek percontohan nasional oleh BKKBN. Saat ini sejumlah daerah sudah menyambut baik program tersebut. Saat ini ada 162 Lorong KB di seluruh Makassar.

Lewat Lorong KB, Pemkot Makassar membina masyarakat dalam mengontrol kelahiran dan jarak lahir anak. Juga dilakukan berbagai upaya peningkatan kesejahteraan warga, tingkat kualitas hidup manusia, derajat kesehatan, dan pendidikan.

(AP)
  1. Penghargaan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA