1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar raih Adipura beruntun, ini harapan wali kota Danny

Adipura Paripurna jadi target tahun depan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 24 Juli 2016 11:01

Merdeka.com, Makassar - Kota Makassar meraih penghargaan Adipura Kirana tahun 2016 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan tersebut mempertahankan prestasi pada tahun sebelumnya, saat Makassar juga didaulat menerima penghargaan yang sama untuk kategori kota metropolitan.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto berharap prestasi tersebut menjadi motivasi bagi masyarakat dalam membentuk pola hidup disiplin, terutama dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Aparat pemerintah di seluruh jajaran pun diminta meningkatkan prestasi kerja.

“Adipura bukan tujuan utama. Ini merupakan motivasi bagi pemerintah bersama masyarakat agar tak pernah berhenti berjuang menciptakan Makassar yang bersih,” kata Danny usai melakukan sujud syukur capaian Adipura di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Tamangapa, Sabtu (23/7).

Danny mengungkapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang dianggap telah bekerja keras dalam mendapatkan kembali Adipura. Terutama para petugas kebersihan yang disebut tak kenal lelah bekerja siang dan malam. Prestasi tersebut hendaknya dipertahankan.

“Jejak - jejak Adipura harus terus dipelihara. Sistem penjemputan sampah yang berjalan secara periodik tetap dipertahankan, pemilahan sampah yang mulai tersosialisasi ke masyarakat harus semakin masif, dan yang terpenting perilaku hidup bersih harus dibudayakan,” ujarnya.

Meski bukan target utama, Danny berharap kota Makassar bisa kembali mendapatkan Adipura pada tahun depan. Dia menargetkan Adipura Paripurna, yang merupakan penghargaan tertinggi terhadap kota/ibu kota yang mampu memberikan kinerja terbaik di bidang lingkungan. Anugerah ini juga diberikan kepada kita yang mampu melakukan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

“Siapkah kita meraih kembali Adipura tahun depan?" seru Danny dari disambut teriakan siap dari pegawai dan petugas kebersihan yang memadati TPA Tamangapa.

Apresiasi khusus disampaikan Danny kepada almarhum Syahruddin AR, Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan yang wafat sehari sebelum penyerahan piala Adipura. Ia berharap dengan kepergian almarhum menjadi momentum untuk terus menghidupkan semangat Adipura di hati warga kota dan jajaran pemerintah kota Makassar. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA