1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar sambut gerakan nasional 1.000 startup digital

Jadi salah satu dari 10 kota penyelenggara

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 30 September 2016 13:09

Merdeka.com, Makassar - Kota Makassar berupaya mempertahankan eksistensi sebagai salah satu kota digital terdepan di Indonesia. Di tengah upaya menuju kota berkelas dunia, Makassar dipilih sebagai salah satu dari sepuluh kota di Indonesia yang dipercaya sebagai penyelenggara Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR, sebuah perusahaan yang bertujuan membangun ekosistem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring, dan inkubasi di berbagai kota. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan digelar di sepuluh kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar dan Pontianak.

Perwakilan KIBAR, Intania Amanda Larasaty, saat berkunjung ke markas Rumah Software Indonesia Makassar Tekhnopark (RSIMTP) di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Kamis (29/9) mengatakan, di masing-masing kota akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas berbasis teknologi, kreatif, dan budaya. Juga disediakan co-working space agar pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat, baik pada level lokal maupun nasional.

“Kami melihat Makassar dengan perkembangan startup yang sangat bagus. Itu yang menjadi salah satu alasan kenapa kota ini terpilih sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital,” kata Intania.

Menurutnya, Gerakan ini bertujuan untuk melahirkan entrepreneur baru yang akan menjadi awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia. Untuk Makassar, rangkaian kegiatan akan digelar pada bulan Februari tahun depan. “Hari ini kami sengaja ke Makassar untuk berdiskusi dengan teman–teman komunitas startup termasuk ke pengelola RSIMTP untuk membahas rencana kolaborasi penyelenggaraan gerakan nasional,” ujar Intania.

Koordinator Pengelola RSIMTP, Jusman mengungkapkan pihaknya menyambut baik rencana gerakan nasional dan akan ikut berkolaborasi demi kesuksesannya. “Ini sangat positif untuk kota Makassar. Kebetulan RSIMTP juga intens melakukan gerakan pemberdayaan untuk membangun generasi muda Makassar yang berpikir tekhnologi. Jadi semangatnya  sejalan untuk meningkatkan jumlah startup di kota Makassar,” kata Jusman.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diimpikan sebagai wadah menjadikan Indonesia sebagai pusat perkembangan teknologi Asia Tenggara. Bagi Coders Makassar yang memiliki ide kreatif untuk membangun sebuah startup, bisa mendaftarkan diri di program Gerakan Nasional 1000 Startup. Formulir pendaftaran online tersedia pada website Program (www.1000startupdigital.id).

Selain untuk meningkatkan jumlah startup yang dibangun di negeri ini, Gerakan Nasional 1000 Startup juga bertujuan untuk membangun perusahaan digital yang handal, yang dapat memberikan dampak positif dan memecahkan berbagai masalah di Indonesia.

(AP)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA