1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar uji coba cctv penangkal begal

Titik pemasangannya diutamakan pada daerah rawan tindak kriminal

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 01 November 2016 12:19

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar segera menguji coba pemanfaatan teknologi kamera pintar untuk memantau kondisi kondisi kota secara aktual. Pada perangkat teranyar, kamera pemantau atau CCTV dilengkapi dengan teknologi inframerah.

Ujicoba rencananya dilakukan tepat pada perayaan hari ulang tahun kota Makassar ke-409, pada 9 November mendatang.

“Kamera ini berdaya pantau hingga radius 4 kilometer dan mampu mendeteksi benda tajam meski disembunyikan,” kata Wali Kota Dany Pomanto, Senin (31/10).

Danny mengatakan, teknologi CCTV infra merah tersebut memungkinkan pemerintah bersama aparat keamanan mencegah perbuatan kriminal. Sebab aktivitas mencurigakan bisa ditangkal lebih dini.

Teknologi ini juga diharapkan mampu meringankan tugas kepolisian dalam menjaga keamanan kota.

Saat ini Pemkot Makassar baru memiliki tiga kamera, yang pemasangannya akan didiskusikan dengan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan. “Titik pemasangannya kita bicarakan dengan Polda karena yang paling paham titik rawan tindak kriminal di Makassar adalah pihak kepolisian,” ujar Danny.

Kepala Bidang Teknologi Informasi Polda Sulsel Komisaris Besar Adeni Muhan memuji teknologi War Room milik Pemkot yang dapat difungsikan memantau kondisi arus lalu lintas hingga pengamanan kota. Dia menyebut salah satu keberhasilan teknologi tersebut beberapa bulan lalu, saat menggagalkan aksi kejahatan seksual yang nyaris menimpa seorang siswi.

"Teknologinya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Polda juga punya tapi tak secanggih milik Pemkot," kata Adeni. (NIA)

(AP)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA