1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Menengok ambulans laut, layanan kesehatan terbaru untuk warga pulau

Untuk sementara baru tersedia satu unit

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 24 Mei 2017 12:10

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Selasa (23/5) kembali meluncurkan satu layanan publik terbaru di bidang kesehatan. Layanan tersebut berupa armada ambulans laut, yang bakal beroperasi di kawasan kepulauan di sekitar Makassar.

Ambulans yang didesain dari speed boat ini untuk keperluan pengangkutan pasien rujukan, terutama dalam kondisi darurat, dari pulau yang hendak mendapatkan pelayanan rumah sakit di Makassar. Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin berkecepatan tinggi.

Sebenarnya, beberapa pulau di Makassar terdapat Puskesmas dengan fasilitas rawat inap bagi pasien yang membutuhkan perawatan intensif.

Namun demikian, kehadiran Ambulans Laut ini tentu sangat bermanfaat untuk mengantisipasi adanya pasien yang perlu mendapatkan perawatan serius di rumah sakit di Kota Makassar.

"Walau baru tersedia satu unit, ambulans ini bisa menjadi solusi pada situasi darurat. Terutama saat masyarakat pulau harus segera dirujuk ke pusat kota untuk memperoleh perawatan yang lebih lengkap," kata Danny saat peluncuran.

Sementara itu, menurut Kadis Kesehatan Naisyah Tun Azikin Ambulance Laut dilengkapi dengan fasilitas kesehatan memadai ini akan disiagakan 24 jam.

"Meski baru satu, Ambulans Laut ini disiapkan untuk membantu Puskesmas dan melayani seluruh pulau di Makassar," ucapnya.

Selain menjadi angkutan masyarakat yang sedang sakit, Ambulans Laut juga telah dilengkapi dengan beragam peralatan penunjang kesehatan. Seperti alat standar kesehatan, Tele-EKG dan Telemedicine, dan juga dokter. Naisyah pun optimis, dengan hadirnya ambulans tersebut sangat bisa diandalkan dalam memberikan pertolongan pertama dan perawatan kepada pasien.

Tak kalah menariknya karena ambulans laut ini juga sudah bisa melayani ibu hamil. (NIA)

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA