1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Siswi SMU diingatkan sadar bahaya kanker payudara

Peserta sosialisasi diharapkan membagi pengetahuannya di lingkungan sekitar

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 21 Oktober 2016 16:28

Merdeka.com, Makassar - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti perempuan. Sebab penyakit ini sulit disembuhkan, apa lagi jika baru disadari pada stadium lanjut. Padahal jika dideteksi secara dini, pertumbuhan kanker payudara bisa dicegah dan diobati sampai sembuh.


Hal tersebut jadi alasan Tim Penggerak PKK Kota Makassar bekerja sama dengan Makassar Cancer Care Community (MC3) menggelar sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara di rumah pribadi wali kota Danny Pomanto, jalan Amirullah Makassar, Jumat (21/10). Sosialisasi mengambil tema “Ayo melawan kanker payudara dengan peduli, waspada dan semangat melalu SADARI (Periksa Payudara Sendiri”.

Sosialisasi diikuti puluhan siswi dan guru tingkat SMA se-Makassar. Peserta mendapatkan masukan dari Ketua Makassar Cancer Care Community MC3 Nurlina Subair dan dokter ahli Septiman Rahman.

Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail menyatakan penyakit  kanker payudara tidak memandang usia, baik tua maupun muda. Sehingga perlu adanya deteksi sedini mungkin.

"Sebagaian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor-faktor penyebab kanker,” kata Indira.

Diharapkan, dari sosialisasi, masyarakat bisa mengetahui deteksi kanker payudara sedini mungkin. Juga menjadi bekal pemahaman tentang gejala kanker, sehingga dapat dipahami dan dideteksi sedini mungkin. Para peserta bisa membagikan pengetahuannya di lingkungan masing-masing.

“Di Kota Makassar saat ini sudah meningkat deteksi dini kanker, sehingga jumlah kasus stadium lanjut semakin berkurang,” ujar Indira. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA