1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Unhas gandeng BNI kembangkan e-commerce Celebes Mall

Sarana ini untuk memasarkan unit bisnis yang tersebar di berbagai fakultas

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 24 Mei 2017 16:41

Merdeka.com, Makassar - Universitas Hasanuddin bersama PT Bank BNI Tbk, Rabu (24/5) menanda tangani kerja sama pengembangan aplikasi e-commerce bernama Celebes Mall, dalam rangka mendorong pengenalan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan kampus.

Aplikasi e-commerce yang beralamat di www.celebes-mall.com ini dikembangkan bersama-sama oleh Tim e-Commerce Unhas dan Tim Marketplace BNI yang dipimpin Direktur Inovasi, Riset, dan Pengembangan Unhas, Prof  Sudirman.

Acara yang berlangsung di Lounge Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas ini berlansung pada pukul 14.30, dan dihadiri oleh dekan-dekan, para Kepala Biro, Kepala Lembaga, dan Unit-unit di lingkungan kampus. Adapun BNI diwakili Senior Vice President Divisi Hubungan Kelembagaan Sudjono Said.

Dalam sambutannya, Direktur Inovasi, Riset, dan Pengembangan Unhas Prof Sudirman mengatakan bahwa gagasan membangun e-commerce ini mulai muncul sejak bulan Desember 2016 lalu.

“Ketika itu, Ibu Rektor mengemukakan kegalauannya tentang produk-produk hasil inovasi dan riset Unhas yang terus tumbuh, akan tetapi belum dikenal luas oleh masyarakat.  Padahal, salah satu mandat Unhas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) adalah tuntutan untuk hilirisasi," katanya.

Unhas memiliki banyak unit bisnis yang tersebar disetiap fakultas. Umumnya, masing-masing fakultas memiliki unit bisnis yang beragam. "Kita ingin memasarkan produk-produk yang dihasilkan, namun untuk berinvestasi membangun mall atau pusat belanja itu butuh waktu lama dan biaya tinggi," ujarnya.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam sambutannya menyambut baik kerja sama ini. Beliau menekankan pada tingginya tingkat pertumbuhan produk-produk inovasi Unhas dan adanya keinginan yang kuat untuk mendorong kemashlahatan Unhas bagi masyarakat luas.

“Kita ingin agar Unhas tidak hanya dikenal sebagai penghasil ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi pengusaha kecil dan menengah.  Itulah sebabnya kami memilih nama Celebes Mall, sebab ini dapat memberi peluang bagi produk-produk yang dihasilkan oleh unit-unit bisnis binaan Unhas yang tersebar di luar kampus,” kata Dwia.

Senior Vice President Divisi Hubungan Kelembagaan PT. Bank BNI Sujono Said, mengatakan bahwa BNI melihat di kampus itu banyak inkubator bisnis yang mengembangkan berbagai macam produk. Tapi nampaknya masih lemah dalam pemasaran.

“Disinilah kami ingin berperan.  Kami ingin menjadi jembatan yang menghubungkan antara inovasi perguruan tinggi dengan kebutuhan masyarakat.  Saya kira, ini bersambut dengan keinginan Ibu Rektor untuk berkontribusi bagi kemashlahatan bangsa,” tegas Sujono.

(AP)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA