1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Wali Kota Danny diberi gelar Ki Sunda

Gelar kehormatan tersebut bermakna orang yang dihormati, dituakan, dan ditokohkan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 14 Agustus 2016 14:53

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dianugerahi gelar kehormatan Ki Sunda oleh sesepuh Kerukunan Wargi Sunda (KWS) Sulawesi Selatan dan Barat, Inspektur Jenderal Anton Charliyan, di Auditorium Paramartha, Sekolah Polisi Negara Batua Makassar, Minggu (14/8).

Ki Sunda merupakan gelar kehormatan tertinggi bagi warga Sunda yang bermakna orang yang dihormati, dituakan, dan ditokohkan. Secara historis, jati diri Ki Sunda berakar dan tercermin dari dalam budaya kekuasaan, kepemimpinan, hidup pribadi, dan bermasyarakat di tatar Sunda. Mereka yang mendapat gelar Ki Sunda adalah sosok yang disenangi oleh rakyat, menjadi panutan, dan meninggalkan nama yang wangi.

Berbarengan dengan itu, Wali Kota Danny juga mendapatkan pusaka Kujang yang merupakan senjata tradisional khas Sunda. Dia juga dipasangkan Pangsi, pakaian khas adat Sunda, dan ikat kepala Sunda yang mengandung makna filosofi Makutawangsa. Pemakai ikatan kepala harus menjalankan Hukum Pancadarma yaitu, menyadari asal usul diri, tunduk kepada aturan hukum, berilmu, mengagungkan sang pencipta Tuhan YME, serta berbakti kepada bangsa dan negara.

Wali Kota Danny Pomanto menyampaikan anugerah gelar kehormatan Ki Sunda menandakan silaturahmi dan persaudaraan warga Makassar yang berasal dari Sunda terbangun dengan baik. Mereka dapat hidup berdampingan, rukun, dan damai bersama warga Makassar lainnya dengan latar suku yang berbeda. Bahkan tak jarang memiliki pasangan hidup dari empat etnis besar di Sulawesi Selatan.

"Keberadaan saudara-saudara kita yang berasal dari Sunda menjadi bagian dari perkembangan kota. Mereka turut mewarnai berputarnya roda perekonomian Makassar," ujar Danny.

Sementara itu, sesepuh KWS Sulselbar yang juga Kapolda Sulsel, Irjen Pol Anton Charliyan mengingatkan anggota KWS Sulselbar peribahasa Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,

"Baju kita boleh Sunda tetapi kita harus menjunjung tinggi budaya Bugis Makassar tempat kita berpijak," tegasnya.  

Pertunjukan seni Tari Jaipong, Topeng Jetek, Tarung Drajat, dan Debus mewarnai penganugerahan gelar kehormatan Ki Sunda yang dihelat dalam Halal Bi Halal KWS Sulselbar. Bersama Wali Kota Danny Pomanto turut mendapatkan penghargaan sejumlah toko di antaranya Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Numang, Ketua PMI Sulsel Ichsan Yasin Limpo, dan Direktur Harian Fajar Faisal Syam. (NIA)

(AP)
  1. Serba-serbi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA