1. MAKASSAR
  2. KULINER

Daftar hidangan khas lebaran di Makassar

Biasanya mudah ditemukan di meja rumah-rumah warga

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 07 Juli 2016 17:10

Merdeka.com, Makassar - Memasuki bulan Syawal merupakan momen yang ditunggu-tunggu banyak orang. Selain kebahagiaan karena menyambut kemenangan setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa, juga tak kalah menariknya menyantap menu makanan enak saat Lebaran.

Selama masa lebaran, biasanya ditemukan beragam menu khas di meja rumah-rumah warga. Di Makassar sendiri, seperti daerah lain di Sulawesi Selatan, selain menu umum seperti ketupat dan opor atau kari, ada juga yang identik dengan nuansa lokal. Berikut beberapa di antaranya.

 

Burasa’
Orang Makassar dan Sulawesi Selatan terbiasa menikmati lauk khas lebaran dengan burasa’ sebagai pengganti ketupat. Burasa dibuat dari beras pulen campur santan hingga setengah matang. Dibungkus dengan daun pisang hingga berbentuk persegi panjang. Biasanya diikat agar tidak terburai saat proses memasak.

Nasu likku’
Makanan ini hampir pasti selalu ditemukan di meja hidangan warga saat lebaran. Makanan ini berupa potongan-potongan ayam atau itik yang dimasak bersama lengkuas parut. Nasu likku mengandalkan rasa gurih santan dan aroma khas lengkuas.

 

Kacipo
Menjelang lebaran, kue kering ini biasanya sudah mulai banyak diproduksi atau dipasarkan. Kacipo merupakan camilan yang terbuat dari tepung terigu dan wijen, yang dibuat bulat-bulat seperti kelereng. Biasanya jadi makanan ringan saat bersantai.

Tape
Makanan ini sudah mulai jarang ditemukan, kecuali pada momen khusus lebaran. Tape atau gambang terbuat dari ketan hitam atau putih yang dikukus dan diberi ragi. Sebelum disajikan, tape terlebih dulu didiamkan selama kurang lebih tiga hari.

Barongko
Makanan ini jarang absen saat lebaran. Berbahan dasar pisang, rasa manisnya menggugah selera. Dibuat bersama telur dan tepung beras yang dikukus dalam bungkusan daun pisang berbentuk prisma.

 

Bolu rampah
Bolu rampah atau bolu rempah adalah kue khas Makassar dan mungkin juga terdapat di sebagian wilayah Indonesia Timur lainnya. Kue bolu rampah dibuat dengan bahan tepung terigu, telur, dan gula merah. Beda dengan bolu pada umumnya, bolu rampah memiliki keunikan karena terdapat tambahan bubuk rempah (kayu manis bubuk). Selain itu kue bolu rampah juga memiliki tekstur yang lembut, ringan dan empuk, dengan rasa yang manis.

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Kuliner Pilihan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA