1. MAKASSAR
  2. KULINER

Nikmatnya coto ikan rendah kolesterol di Makassar Seafoodku

Disajikan dengan menu tradisional warisan keluarga

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 23 Juli 2016 18:41

Merdeka.com, Makassar - Coto sudah menjadi ikon kuliner kota Makassar. Wisatawan yang bertandang kota ini ibaratnya belum sah kunjungannya jika belum mencicipi makanan sup berkuah kental ini.

Coto umumnya berbahan daging dan jeroan sapi atau kuda. Namun tahukah Anda? Di Makassar, ada rumah makan yang menawarkan coto dengan cita rasa berbeda. Coto di tempat ini menggunakan daging ikan sebagai bahan utama.

Rumah Makan Makassar Seafoodku mengklaim sebagai penemu kreasi coto ikan pertama di dunia. Potongan daging di dalam sup diambil dari ikan tuna, tenggiri dan kakap segar. Menu kuliner ini cocok bagi Anda penggemar coto, namun takut akan dampak kolesterol yang ditimbulkan dari daging sapi.

Coto ikan dikreasikan Loliawati Lodewyk, pemilik RM Makassar Seafoodku. Makanan ini mulai diperkenalkan kepada konsumen pada tahun 2013. Selain bahan baku daging,  hampir tidak ada beda dengan coto pada umumnya. Menawarkan rasa gurih dan nikmat dari kuah rempah tradisional warisan keluarga. Menikmatinya pun lebih afdol jika disajikan bersama daun bawang, jeruk nipis, sambal, dan ketupat atau nasi.

Saat menyantap coto ikan di tempat ini, sepintas mungkin Anda tidak bisa membedakan dagingnya dengan daging sapi yang biasa dikonsumsi. Sebab irisan dan potongan daging dibentuk semirip mungkin dengan coto sapi. Juga tidak ada aroma amis khas ikan umumnya. Sebelum dimasukkan ke kuah, ikan lebih dulu dipanggang.

Ada beragam harga coto ikan di Makassar Seafoodku. Satu porsi ukuran extra small dihargai Rp 17 Ribu. Porsi Small senilai Rp 40 Ribu,  Medium Rp 80 Ribu serta porsi Large yang cocok dinikmati bersama keluarga seharga Rp 120 Ribu.

Sebelum menikmati coto ikan, pengunjung di rumah makan dibolehkan memilih jenis dan jeroan yang diinginkan. Penyajiannya tidak makan waktu lama, hanya sekitar lima menit.

Rumah Makan Makassar Seafoodku terletak di lantai 7 dan 8 Sunrise Tower, jalan Butung nomor 77-75. Tempat ini, selain menyajikan menu enak, juga pas untuk bersantai. Area makan di lantai 8 berkonsep ruang terbuka, yang menawarkan pemandangan menarik kota Makassar di semua penjuru.

Interior restoran didesain dengan konsep bak berada di atas geladak kapal, sehingga menghadirkan suasana mirip di atas kapal laut. Sebagian pengunjung memilih datang ke sini pada sore hari, untuk sekaligus menikmati pemandangan matahari terbenam dari arah laut pantai Losari.

Alamat: Jalan Butung No.77-75, Sunrise Tower Lantai 7 dan 8
Telepon: 0411-3633088
Facebook: RM. Makassar Seafood’ku

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Kuliner Pilihan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA