1. MAKASSAR
  2. LAPAK

Bayar tol kini bisa pakai kartu BNI E-toll

Pembayaran dengan sistem tap cash dapat menghemat penggunaan waktu, 7 sampai 8 detik

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 10 Mei 2016 21:15

Merdeka.com, Makassar - BNI Wilayah Makassar, Selasa (10/5) meluncurkan layanan baru berupa kartu BNI E-Toll Card. Dengan kartu itu, pengguna jalan tol akan dimudahkan dalam pembayaran dengan sistem Tap Cash.

Kartu BNI E-Toll Card nantinya cukup ditempelkan pada pemindai khusus di loket pintu tol sehingga cukup menghemat waktu. Pembayaran dengan uang tunai disebut membutuhkan waktu 12 hingga 15 detik. Sementara pembayaran dengan sistem tap cash hanya membutuhkan waktu 5 sampai 7 detik.

“Pembayaran dengan tap cash dapat menghemat penggunaan waktu, 7 sampai 8 detik,” kata Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Slamet Djumantoro, Selasa. Slamet mengungkapkan, peluncuran layanan baru ini merupakan wujud dukungan BNI terhadap progam Makassar Smart City, yang juga sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai dari Bank Indonesia.
 
BNI merupakan bank ketiga yang menyediakan fasilitas tap cash di pintu tol setelah BCA, dan Bank Mega. Direktur Operasional PT. Marga Nusantara, Joko Santoso menyampaikan, kehadiran BNI E-Toll Card dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan tol dengan menyediakan berbagai alternatif sistem pembayaran.

Pembayaran dengan sistem tap cash dapat mengurangi jumlah uang tunai yang beredar di masyarakat. Diketahui, sejak awal tahun 2016, dalam sehari jumlah kendaraan yang melewati Jalan Tol Seksi 1 dan 2 sebesar 57.000 unit dan Seksi 4 sebanyak 47.000 unit. Jumlah itu setara dengan transaksi Rp 537.000.000 per hari.

"Ini juga berguna dalam menekan inflasi," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sulawesi Selatan, Dedy Haryadi. Menurut Dedy, sistem Tap Cash cocok diterapkan di Sulsel khususnya Makassar karena pertumbuhan ekonominya selalu tinggi di atas pertumbuhan ekonomi nasional dengan angka inflasi yang rendah. (NIA)

(AP)
  1. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA