1. MAKASSAR
  2. PARIWISATA

FOTO: Menengok koleksi Museum Kota Makassar

Terdapat peninggalan bangsa eropa serta bukti sejarah kota Makassar

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 27 Mei 2016 11:00

Museum Kota Makassar diresmikan pada 7 Juni 2000, atas ide mantan Wali Kota Makassar Amiruddin Maula. Terletak di jalan Balai Kota nomor 11, yang berada di jantung kota Makassar. Gedungnya merupakan arsitektur bersejarah yang didirikan pada masa kolonial Belanda di tahun 1916, dan pernah dijadikan kantor Balai Kota Makassar.

Masyarakat bisa berkunjung ke museum ini untuk mengetahui informasi tentang indentitas serta sejarah kota dan budaya masyarakat Makassar. Koleksinya antara lain adalah peta bumi yang dibuat untuk kelancaran misi perdagangan dan politik di Indonesia pada masa silam. Peta merupakan sumber informasi yang berharga dari suatu daerah pada suatu masa. Dahulu Bangsa Eropa membuat peta berbagai daerah, khususnya yang dipandang penting dan strategis.

Koleksi lain adalah relief potret Ratu Wilhelmina dan Yuliana, foto reproduksi naskah, foto-foto peristiwa serta bangunan bersejarah, peralatan sehari-hari, dan mata uang. Juga terdapat koleksi foto, pakaian, serta dokumen penting wali kota Makassar dari waktu ke waktu.(ARI)

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Jelajah Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA