1. MAKASSAR
  2. PARIWISATA

Ini pilihan brand wisata Makassar di luar negeri, pilih yang mana?

Akan disandingkan dengan brand pariwisata nasional Wonderful Indonesia

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 27 Agustus 2016 16:18

Merdeka.com, Makassar - Kementerian Pariwisata memilih sepuluh kota dan provinsi di Indonesia untuk diperkenalkan ke luar negeri sebagai daerah tujuan wisata. Salah satunya kota Makassar.

Kementerian memilih Makassar karena dianggap memiliki kekuatan komprehensif, yakni lokasi yg strategis karena menjadi pintu gerbang untuk Indonesia timur. Makassar dan Sulsel juga memiliki banyak destinasi wisata potensial, mulai dari sejarah, kuliner, bahari, Mice, dan lainnya.

Tenaga Ahli Branding Destinasi Kementerian Pariwisata, Ahmad Kurnia mengatakan, pihaknya tengah mensosialisasikan brand destinasi masing-masing daerah wisata tujuan. Brand tersebut, termasuk Makassar, nantinya akan dipakai bersanding dengan brand Wonderful Indonesia dalam kegiatan promosi di luar negeri.

“Kami akan lebih dulu mengumpulkan masukan yang nantinya menjadi rujukan untuk memilih brand,” kata Ahmad Kurnia pada sosialisasi di Makassar, Jumat (26/8). “Orang luar nantinya mengenal Indonesia bukan hanya Bali, karena ada destinasi lain yang juga tidak kalah indahnya.”

Untuk Makassar, Kementerian Pariwisata mengajukan tiga alternatif brand. Yakni Intimate Makassar yang berarti intim atau dekat, Affectionate Makassar berarti tercinta, serta Comppassionate Makassar bermakna peduli.

Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sendiri mengusulkan dua alternatif lain. Yakni Sombere Makassar, sesuai visi pemerintahan Makassar Sombere and Smart City. Sombere dalam bahasa Makassar berarti ramah, santun, dan simpatik. Ada pula usulan brand Explore Makassar, sebagai turunan brand pariwisata Sulawesi Selatan, Explore South Sulawesi.

“Pak Wali mengharapkan itu jadi branding karena terkesan menggambarkan kondisi Makassar secara utuh,” kata Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Makassar Muhammad Roem.

Menurut Roem, brand sangat penting sebagai ciri khas dan daya tarik bagi pengunjung. Brand tersebut sebagai pelengkap suguhan berbagai objek wisata. Makassar sendiri telah menawarkan berbagai objek wisata, misalnya wisata sejarah seperti Benteng Rotterdam dan Makam Raja-Raja Tallo, serta berbagai pilihan wisata bahari dan kuliner.

(AP)
  1. Info Wisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA