1. MAKASSAR
  2. PARIWISATA

Pemkot ajak wisatawan ke Samalona, pulau cantik di barat Makassar

Wisatawan domestik jadi target utama

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 06 Oktober 2016 14:35

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak wisatawan dari luar daerah berlibur ke pulau cantik Samalona, melalui paket wisata “Spermonde Cruise”.  Perjalanan pertama akan digelar Sabtu (8/10).

Dikutip dari Antara, Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar Muhammad Roem memperkirakan ratusan wisatawan asal berbagai daerah di Indonesia ikut serta pada program paket wisata tersebut. Wisatawan akan diajak berkunjung dan berkeliling menikmati keindahan panorama dan berbagai potensi Pulau Samalona.

“Paket ini memang difokuskan untuk wisatawan domestik dari berbagai daerah. Kami berharap kegiatan ini mendapat respon positif dan banyak mendatangkan wisatawan di Makassar,” kata Roem.

Menurut Roem, paket wisata “Spermonde Cruise” merupakan salah satu upaya Pemkot Makassar menggairahkan dan meningkatkan kunjungan wisatawan di ibu kota Sulawesi Selatan. Pihaknya juga disebut terus melakukan terobosan baru untuk mendatangkan wisatawan, baik lokal, domestik, dan mancanegara.

Samalona terletak 6,8 kilometer arah barat kota Makassar. Pulau seluas 2 hektar ini dikenal dengan eksotisme pantai dan kehidupan bawah laut. Salah satu favorit wisatawan adalah tawaran senja dan matahari terbit.

(Baca juga: Menikmati sunyi di pulau cantik Samalona)

Sebelumnya Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan melansir sebanyak 1.287 wisatawan asal mancanegara berkunjung melalui pintu Makassar di sepanjang bulan Agustus 2016.

“Jumlah itu turun 5,02 persen dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Kepala BPS Sulsel Nursam Salam pada konferensi pers di kantornya, Senin (3/10).

Pada Juli 2016, wisatawan asing yang masuk ke Makassar tercatat sebanyak 1.355 orang. Dari daftar pengunjung, lima negara tercatat sebagai penyumbang wisatawan terbanyak. Masing-masing Malaysia, Jerman, Perancis, Jepang, dan Singapura. Jumlahnya 891 orang. “Sekitar 69,23 persen dari total wisatawan mancanegara,” ujar Nursam.

(AP)
  1. Wisata Bahari
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA