1. MAKASSAR
  2. SENI BUDAYA

Wawali Makassar terinspirasi film kisah Emma’ Jusuf Kalla

Film diputar serentak di 95 bioskop tanah air mulai hari ini

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 29 September 2016 13:46

Merdeka.com, Makassar - Karya sinema terbaru Miles Film berjudul Athirah, yang bercerita tentang ibunda dan masa kecil Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, ditayangkan serentak di 95 bioskop tanah air, mulai Kamis (29/9) hari ini. Film garapan duet produser dan sutradara Mira Lesmana - Riri Riza akhirnya diputar setelah melewati proses produksi selama setengah tahun.

Sebelum diluncurkan ke publik, film Athirah lebih dulu diputar secara spesial di Makassar, Rabu (28/9) malam. Pemutaran menghadirkan kru dan para cast, yang turut menonton bersama para undangan khusus.

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal termasuk dalam daftar undangan. Dia datang menghadiri pemutaran spesial film Athirah bersama sejumlah pejabat pemerintah kota dan keluarga besar Kalla.

Usai menonton Deng Ical -sapaan Syamsu Rizal- melontarkan pujian kepada orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film. Menurutnya, film tersebut, lewat cerita dan sinematografinya, berhasil menginspirasi penonton. Terutama kaum perempuan. Ical sendiri menyatakan kagum terhadap sosok Athirah yang diperankan Cut Mini.

“Betul-betul menginspirasi. Bagaimana film ini menggambarkan seorang perempuan dengan budaya Bugis-Makassar membangun nilai keluarga dan memenangkan situasi serta menjadi pendidik yang baik bagi anak-anaknya,” kata Deng Ical.

“Film ini patut ditonton,” dia melanjutkan.

Film Athirah merupakan adaptasi dari novel karya Alberthiene Endah dengan judul yang sama. Karya ini mengangkat sebuah drama tentang keluarga dengan latar belakang budaya Bugis - Makassar yang memikat.

Dalam film ini diceritakan bagaimana Emma’ -panggilan Jusuf Kalla kepada ibunya-, menghadapi kegoyahan hidup dengan teguh. Dia berupaya mempertahankan nilai dan keutuhan keluarga, meski harus melawan perasaan saat suaminya berpoligami.

Di sisi lain, Ucu’ -sapaan Jusuf Kalla- melewati masa remajanya dalam kegamangan. Sementara mencoba memahami apa yang terjadi dalam keluarganya, Ucu’ jatuh cinta namun mengalami hambatan. Sebagai anak tertua, dia juga tampil menjadi penopang sang ibu.

Film ini melibatkan perpaduan aktor dan artis berpengalaman dengan sejumlah pendatang baru. Selain Cut Mini, mereka adalah Christoffer Nelwan, Tika Bravani, Rini Nuraini, Nino Prabowo, Arman Dewarti, Jajang C Noer, dan Indah Permatasari.

Penasaran dengan kisah lengkap film Athirah? Segera tonton di bioskop terdekat. Berikut cuplikan film yang diunggah Miles Film di Youtube:

(AP)
  1. Film
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA