1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Taipei jajaki kerja sama 'sister city' dengan Makassar

Kedua kota disebut memiliki tipologi yang mirip

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 31 Maret 2017 14:10

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto bertemu Director General Taipei Economic and Trade Office in Surabaya Jeffrey S C Hsiao di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Jumat (31/3).

Keduanya bertemu untuk menjajaki peluang sister city antara Taipei, Tiongkok dengan Makassar. Sister city atau kota kembar adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.

Sebelumnya, Makassar memiliki hubungan sister city dengan Lismore, New South Wales. Adapun Taipei memiliki hubungan sister city dengan tiga kota di ASEAN yaitu Manila, dan Quezon di Filipina, serta Ho Chi Minh di Vietnam.

"Makassar dan Taipei dua kota yang memiliki tipologi yang mirip. Keduanya adalah water front city. Sungai - sungai yang ada di Taipe seluruhnya bermuara ke Selat Taiwan dan Laut Cina Timur. Sementara Makassar memiliki Pantai Losari dan wilayah pulau serta pesisir," jelas Direktur Hsiao.

Sister city yang akan dikembangkan oleh Taipe dan Makassar bergerak di bidang pendidikan, maritim, perikanan, dan pelabuhan. Infrastruktur kemaritiman yang ada di Makassar dinilai Direktur Hsiao sangat menunjang berkembangnya sektor maritim di kota daeng.

"Taipe juga memiliki pelabuhan laut di Keelung yang mayoritas melayani peti kemas. Seperti halnya Makassar yang juga melayani transportasi penumpang antar pulau selain peti kemas," lanjut Direktur Hsiao.

Wali Kota Danny sangat antusias menyambut penjajakan sister city oleh Direktur Hsiao, Ia menjelaskan jika Makassar, kota yang sangat potensial sebagai tujuan investasi.

"Makassar secara geografis kota yang paling aman dari peristiwa alam seperti sunami, dan gunung berapi," jelas Wali Kota Danny.

Peluang investasi di Makassar sangat menjanjikan. Di bidang pendidikan, sebagai ibu kota provinsi, Makassar menjadi sentrum pendidikan di Sulawesi Selatan. Lembaga pendidikan formal dan informal banyak bertumbuh di Makassar.

Potensi perikanan Makassar juga layak jual dengan panjang garis pantai 36.1 km, dan produksi perikanan laut sebanyak 12.731.14 ton dan potensi hasil tangkapan 18.000 ton. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA