1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

700 orang periksakan jantung di MC Expo 2016

Pasien yang terdeteksi punya kelainan langsung dirujuk ke rumah sakit

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 11 Mei 2016 10:01

Merdeka.com, Makassar - Pemeriksaan jantung dengan elektrokardiogram (EKG), yang menjadi salah satu layanan gratis di Makassar City Expo 2016, cukup menarik perhatian masyarakat. Buktinya, sejak stan layanan Pemerintah Kota Makassar itu dibuka tiga hari lalu, petugas mencatat setidaknya 700 orang yang datang memeriksakan diri.

Yusuf Sanusi, 45 tahun, salah satu orang yang mengecek kesehatan jantungnya menggunakan EKG. Menurutnya, alat itu sangat bermanfaat. “Alhamdulillah gratis dan dengan cepat bisa mengetahui kondisi jantung kita,” kata Yusuf, Selasa (10/5) malam.

EKG sejatinya merupakan salah satu fasilitas Home Care Dottoro’ta, layanan kesehatan Pemkot Makassar yang bisa diminta datang ke rumah warga secara gratis. Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto sengaja menyertakannya pada pameran MC Expo kali ini, untuk menunjukkan bukti program kerjanya di bidang kesehatan.

Di lokasi pameran, terdapat 48 EKG yang ditempatkan pada tenda-tenda stan. Sejumlah petugas disiagakan untuk memeriksa pengunjung, sejak pukul delapan pagi hingga sembilan malam. Jika biasanya setiap kali menggunakan alat ini di rumah sakit membutuhkan biaya Rp 400 Ribu, Pemkot memberikannya secara cuma-cuma.

Pemeriksaan setiap orang dengan EKG dilakukan seorang dokter dengn didampingi tiga perawat. Pemeriksaan, idealnya hanya membutuhkan waktu 5 menit sebelum mendapatkan hasil.  Salah seorang petugas, dr. Mukhlisina mengatakan, sejauh ini rata-rata orang yang diperiksa di stan berusia 20 hingga 50 tahun. Sebagian kondisi jantungnya normal. “Kalau ada kelainan yang terdeteksi, langsung diberi rujukan ke rumah sakit,” katanya. (NIA)

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA