1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Alumni teknik asal Makassar diminta ‘pulang’ bangun kotanya

Pemkot tengah berfokus pada pembangunan sejumlah program pembangunan infrastruktur

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 20 September 2016 12:08

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar tengah berfokus mengerjakan program pembangunan di bidang infrastruktur. Wali Kota Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto pun mengajak berbagai pihak agar aktif membantu pelaksanaannya.

Salah satu kelompok yang diharap berkontribusi banyak adalah para alumni mahasiswa teknik. Pada beberapa kesempatan, Danny secara terbuka meminta bantuan kepada para alumni teknik asal Makassar di luar, agar kembali ke kotanya menyumbangkan tenaga dan pemikiran.

“Saya ingin alumni teknik bisa memberi kontribusi nyata bagi kota Makassar, utamanya dalam mendorong penataan infrastruktur perkotaan,” kata Danny saat menghadiri pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Teknik Arsitektur Universitas Hasanuddin DKI Jakarta - Jabar - Banten, di Jakarta, Senin (19/9).

Pada pertemuan dirangkai silaturahmi tersebut, berkumpul puluhan alumni arsitektur Unhas lintas generasi. Turut hadir  Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin.

Pada tahun ini Pemkot Makassar tengah merancang pembangunan proyek infrastruktur. Di antaranya pembenahan jalur pedestrian, perencanaan sarana transportasi pete-pete smart, apartemen dalam lorong, kawasan sentra kaki lima, dan pusat kuliner khas tradisional.

Danny mengatakan, semua program tersbeut hanya bisa berjalan maksimal dan cepat jika dikerjakan bersama-sama. “Bisa cepat jika alumni teknik arsitektur mau bersinergi dengan pemerintah memberikan sumbangsih ide dan gagasannya terhadap kota ini,” ujar Danny.

Danny yang juga ketua IKA Teknik Arsitektur Unhas mengungkapkan, saat ini di Indonesia jumlah lulusan fakultas teknik hanya 20 persen dari lulusan perguruan tinggi. Hal itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan Jepang dan Korea Selatan yang mencapai 80 persen. Sedangkan kebutuhan terus meningkat dan cukup besar, mengingat tumbuh pesatnya perkembangan di sektor infrastruktur. (NIA)

(AP)
  1. Infrastruktur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA