1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

BMKG: waspada gelombang tinggi

Masyarakat diimbau agar berhati-hati dalam melakukan perjalanan laut

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 10 Oktober 2016 14:26

Merdeka.com, Makassar - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi gelombang tinggi terjadi di sebagian daerah Sulawesi Selatan pada beberapa hari ke depan. Masyarakat diimbau untuk sementara menghindari perjalanan lewat jalur laut.


Demikian juga nelayan, agar sebaiknya mengurungkan niat melaut untuk menghindari kemungkinan buruk akibat gelombang tinggi.

“Tinggi gelombang di perairan Sulsel mencapai 1,25 hingga 2,5 meter,” kata Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar Sujarwo, Senin (10/10).

Sujarwo mengungkapkan, gelombang tinggi akan diikuti dengan hujan intensitas ringan serta angin dengan kecepatan rata-rata 25 kilometer per jam. Di masing-masing kabupaten/ kota, suhu bervariasi antara 23/30 derajat celcius.

BMKG memprediksi gelombang tinggi bisa terjadi pada peralihan ke musim hujan, antara Oktober dan November tahun ini. Gelombang tertinggi diperkirakan hingga 4 meter, yang disertai hujan dan angin kencang.

“Kepada masyarakt, agar berhati-hati dalam melakukan perjalanan laut,” ujar Sujarwo. “Masyarakat juga perlu mewaspadai potensi banjir atau longsor, karena tahun ini intensitas hujan diperkirakan lebih besar dibandingkan tahun lalu.”

(AP)
  1. Prakiraan Cuaca
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA