1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Festival F8 Makassar dipadati 40 ribu lebih orang, lebihi target

Panitia memastikan semua pertunjukan seni dan budaya bisa dinikmati secara gratis

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 09 September 2016 16:45

Merdeka.com, Makassar - Gelaran Makassar International Eight Festival and Forum atau festival F8, yang digelar di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, sukses meraih simpati masyarakat  dan wisatawan. Pada sepanjang hari pertama festival, Kamis (8/9), tercatat lebih 40 ribu pengunjung memadati kawasan festival.

“Jumlah pengunjung mencapai 44.538 di hari pertama,” kata Koordiantor Media F8, Mohammad Roem, Jumat (9/9). Jumlah tersebut belum termasuk panitia dan personel keamanan yang berjumlah tiga ribu orang.

Jumlah tersebut melebihi jumlah kunjungan yang ditargetkan Pemerintah Kota Makassar. Pemko sebelumnya memprediksi 20 ribu kunjungan setiap hari, yang jika ditotal selama tiga hari berjumlah 60 ribu.

Roem mengatakan, panitia F8 berupaya menyajikan keamanan dan kenyamanan kepada pengunjung. Panitia penyiapkan empat pintu masuk di sepanjang kawasan Anjungan Pantai Losari. Petugas keamanan dipastikan memeriksa semua orang sebelum masuk, untuk mencegah tindakan kriminal.

“Kita juga terus mengingatkan bahwa acara ini gratis, tidak dipungut biaya. Jika ada oknum yang menarik biaya, silakan dilaporkan ke petugas keamanan,” kata Roem.

F8 digelar di Pantai Losari hingga Minggu (10/9). Festival ini menghimpun berbagai pertunjukan seni dan budaya serta potensi wisata kota Makassar. Semua dihimpun dalam delapan tema besar, yakni Film, Fashion, Folks, Flora, Fusion Jazz, Fiction Writer, Food, and Fine Art.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengklaim festival ini sebagai yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Juga menjadi sejarah baru festival di tepi pantai dengan keragaman konten. “Festival ini menampilkan kekayaan, keindahan, dan potensi besar Makassar secara utuh,” kata Danny.

(AP)
  1. Festival F8
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA