1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot kembangkan destinasi wisata bahari alternatif Pantai Losari

Di kawasan Utara, terdapat pantai Marbo yang bisa dijadikan sentra kawasan kuliner khas bahari

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 29 Agustus 2016 06:46

Merdeka.com, Makassar - Kota Makassar yang terletak di wilayah pesisir dianugerahi beragam potensi yang bisa dikembangkan sebagai tujuan wisata bahari. Selain Pantai Losari yang sudah terkenal, ada sejumlah kawasan kecil yang belum dieksplorasi.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengungkapkan, beragam potensi tersebut bisa menjadi alternatif tujuan wisata baru jika dikelola dengan baik. Sehingga orang yang berkunjung ke Makassar tidak sekadar tahu tentang Pantai Losari.

“Pantai Losari sudah jadi ikon kota ini. Tapi banyak yang bisa dikembangkan lagi, seperti pantai Marbo,” kata Danny, saat menghadiri peluncuran program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas di kawasan Pantai Marbo, kecamatan Tallo Makassar, MInggu (28/8).

Pantai Marbo merupakan kawasan pesisir di wilayah utara kota Makassar. Letaknya di sekitar pemukiman penduduk yang sebagian beraktivitas sebagai nelayan. Panjang pantainya tidak seberapa dibandingkan Losari di kawasan barat kota.

Menurut Danny, pantai Marbo bisa dikembangkan secara serius dengan konsep tujuan wisata kuliner. Di sepanjang kawasan pantai bisa didirikan rumah makan yang menyajikan menu khas bahari, seperti ikan dengan aneka olahan. “Ini juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat,” ujarnya.

Pantai Marbo juga dianggap layak sebagai tujuan wisata sebab masyarakat sekitar cukup aktif dan kreatif. Mereka, misalnya, aktif dalam menggalakkan kerajinan berbahan dasar eceng gondok serta dikenal dengan beragam makanan tradisional khas Tallo.

“Pemukiman warga yang tertata sesuai standar kesehatan menjadi awal pengembangan daerah ini sebagai tujuan wisata,” Danny menambahkan. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA