1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Alpukat dan daftar makanan yang baik untuk kesehatan hati

Bawang membantu hati mengaktivasi beberapa jenis enzim untuk melawan hati

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 30 Agustus 2016 19:26

Merdeka.com, Makassar - Menjaga kesehatan organ tubuh menjadi prioritas wajib bagi setiap orang jika tak ingin mengalami berbagai masalah kesehatan. Terdapat pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Tubuh memiliki berbagai organ yang memiliki fungsi yang berbeda- beda. Salah satu organ pada tubuh yang memiliki peranan penting ialah hati atau liver. Hati atau liver di dalam tubuh memiliki fungsi sebagai penawar racun yang terdapat pada tubuh sekaligus membantu proses makanan yang sudah diserap oleh organ usus. Di samping itu hati atau liver juga berperan penting dalam memproduksi getah yang disebut dengan getah empedu.

Karena fungsi-fungsinya tersebut, maka sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan hati dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah dengan memilih makanan yang baik untuk hati. Makanan apa sajakah itu? Berikut daftar makanan yang direkomendasikan oleh dr. Dewi Ema Anindia dari Klik Dokter.

Bawang
Bawang dapat membantu hati untuk mengaktivasi beberapa jenis enzim untuk melawan racun. Bawang juga tinggi akan kandungan alisin dan selenium yang bisa membantu membersihkan hati.

Alpukat
Dengan menambahkan alpukat ke dalam diet Anda, maka bisa membantu tubuh Anda untuk memproduksi antioksidan yang dinamakan glutation. Glutation dapat membantu fungsi penyaringan hati.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam dan selada bisa membantu menghilangkan bahan kimia atau racun yang mungkin ada di makanan yang kita konsumsi. Sayuran hijau bisa bersifat sebagai pelindung untuk hati kita.

Lemon
Lemon dapat membantu menghilangkan racun di tubuh dan membantu proses pencernaan.

Apel
Apel dapat membersihkan racun-racun di tubuh sekaligus menghilangkan racun di saluran pencernaan.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan makanan yang baik untuk hati. Minyak zaitun bisa membantu mencerna lemak serta menghilangkan racun di tubuh.

Selain mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menjaga kesehatan hati dengan mengurangi konsumsi alkohol, olahraga secara teratur, dan juga berhati-hatilah saat mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA