1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Balap sepeda Tour de Makassar siap dihelat kali pertama

Sekaligus menjadi ajang promosi kekayaan destinasi wisata di Sulawesi Selatan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 25 Oktober 2016 14:54

Merdeka.com, Makassar - Ajang kejuaraan balap sepeda internasinal akan digelar di Sulawesi Selatan,  pada 11-13 November mendatang.

Kejuaraan yang dinamakan Tour De Makassar ini akan diikuti oleh tim-tim sepeda balap papan atas dari beberapa negara. Adapun Indonesia akan diwakili lima tim.

Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Sulawesi Selatan, Hoist Bachtiar mengatakan, ini merupakan event pertama PB ISSI yang dilaksanakan di Sulsel. Peserta akan melewati tiga etape, yakni kota Makassar - kabupaten Bone, Bone - kota Parepare, dan Parepare - Makassar.

“Penentuan etape ini ditetapkan oleh PB ISSI," kata Hoist, Selasa (25/10).

Hoist menyebutkan PB ISSI mengundang 18 negara dari berbagai benua untuk ambil bagian dalam Tour de Makassar. Sejauh ini sudah ada 8 negara yang mendaftarkan timnya. “Termasuk dari Indonesia,” ujarnya.

Biaya kebutuhan peserta selama berada di Sulsel akan ditanggung penuh oleh panitia. Disamping itu, panitia juga menyiapkan hadiah sebesar US$ 30 Ribu.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Muhlis mengatakan pemerintah provinsi mendukung penuh kegiatan internasional ini. Ia mengatakan telah melakukan koordinasi cukup lama bersama Ketua Pengurus Provinsi ISSI Sulawesi Selatan untuk mempersiapkannya.

Ketua panitia Tour de Makassar Candra S Jania menyebut kejuaraan balap sepeda internasional ini tidak sekadar kegiatan prestasi. Lebih dari itu, juga diharapkan memperkenalkan kekayaan destinasi wisata Sulsel kepada peserta mancanegara.

“Tour de Makassar sangat tepat sebagai ajang promosi potensi wisata yang kita miliki. Kita meminta dukungan seluruh pihak untuk sukseskan kegiatan internasional ini,” kata Candra.

Menurut Candra, Sulsel memang banyak potensi wisata alam yang tentunya bisa menarik masyarakat internasional untuk hadir dan menikmati secara langsung. Setiap daerah yang dilalui juga memiliki kesempatan untuk mempersiapkan diri mempromosikan kekayaannya.

(AP)
  1. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA