1. MAKASSAR
  2. PSM

Maldini menangkan PSM atas Persija

Macan Kemayoran gagal menang di sembilan pertandingan terakhir TSC

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 21 Agustus 2016 18:36

Merdeka.com, Makassar - PSM Makassar melanjutkan tren positif di kompetisi Torabika Soccer Championship 2016 setelah unggul atas tuan rumah Persija Jakarta, Minggu (21/8). Bermain di stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Juku Eja menang tipis 1-0.

Satu-satunya gol PSM ke gawang tim Macan Kemayoran dicetak Maldini Pali di menit 75. Eks pemain Tim Nasional Indonesia U-19 itu melepaskan tembakan bola melengkung dari luar penalti, yang tak mampu dijangkau kiper Andritany Ardhiyasa.

Tambahan tiga poin mengangkat posisi PSM di klasemen sementara. Anak asuh Robert Rene Alberts bertengger di peringkat 11 dengan koleksi 20 poin. Kemenangan  itu juga memperpanjang rekor tak terkalahkan di empat pertandingan terakhir.

Nahas bagi Persija yang belum mampu keluar dari rentetan hasil negatif. Kekalahan atas PSM melengkapi rekor mereka tidak pernah menang di sembilan partai terakhir TSC, dengan catatan enam kali kalah dan tiga kali imbang. Terakhir kali Persija meraih tiga angka saat mengalahkan PS TNI 1-0, di pekan ke-6, 10 Juni lalu.

Persija kini terpuruk di peringkat 16 dari 18 klub peserta TSC 2016. Mereka mengumpulkan 14 poin, atau selisih empat angka dari penghuni dasar klasemen, Persela Lamongan.

Jalannya pertandingan

Persija berupaya lepas dari bayang-bayang hasil buruk dengan menurunkan materi terbaiknya melawan PSM. Pelatih Jan Saragih menempatkan Rachmat Affandi sebagai penyerang utama, yang disokong duet Ramdani Lestaluhu dan Hong Soon Hak dari lini tengah. Duo veteran mereka, Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan memulai laga dari bangku cadangan.

Di kubu PSM, asisten pelatih Budiardjo Thalib mengambil alih skuat setelah pelatih Robert Rene Alberts disanksi dua laga oleh Komisi Disiplin. Seperti tiga laga sebelumnya, tim Ayam Jantan dari Timur turun dengan komposisi trisula andalan di depan, yakni Ferdinand Sinaga, M Rahmat, dan Ridwan Tawainella.

Pada babak pertama, Persija terlihat lebih banyak menguasai bola dengan tempo lambat. Sebuah serangan balik cepat dilancarkan tuan rumah pada menit ke lima, namun tendangan keras Hong Soon Hak masih jauh di atas mistar gawang PSM yang dikawal Syaiful. Pada menit 40, Abrizal Umanailo juga punya peluang saat tinggal berhadapan dengan kiper lawan, tapi lagi-lagi tendangannya gagal menemui jala gawang.

Setelah babak pertama berjalan tanpa gol, kedua tim mulai meningkatkan intensitas dan tempo serangan. Penyerang tambahan Bambang Pamungkas masuk menggantikan Ramdani Lestaluhu. Adapun PSM memasukkan duo eks Timnas U-19 Maldini Pali dan Muchlis Hadi Ning.

Persija menciptakan sejumlah peluang melalui kombinasi serangannya. Tapi justru PSM yang mengambil untung. Berawal dari serangan balik, Rasyid Bakri mengirimkan bola datar kepada Maldini di sisi kiri. Dengan sekali gocek, pemain bernomor 27 itu lalu melepaskan tendangan terarah ke jala gawang Andritany. Itu satu-satunya gol pada pertandingan tersebut.

Kedua tim menyisakan satu laga di putaran pertama TSC 2016. PSM akan menjamu Persipura Jayapura di Makassar pada 28 Agustus, sedangkan Persija akan berhadapan dengan Bali United dua hari sebelumnya.

Susunan pemain

Persija:
Andritany Ardhiyasa; Andik Redika Rama, William Pacheco, Maman Abdul Rahman, Gunawan Dwi Cahyo; Amarzukih, Hong Soon-hak (Novri Setiawan '64), Rezaldi Hehanusa, Ramdani Lestaluhu (Bambang Pamungkas '61), Abrizal Umanailo (Rudi Setiawan '76); Rachmat Afandi.

PSM Makassar:
Syaiful; Valentino Telaubun, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Wasyiat Hasbullah; Rasyid Bakri, Syamsul Chaeruddin, Ridwan Tawainella (Maldini Pali '42), Rizky Pellu; Muhammad Rahmat (Muchlis Hadi Ning '73), Ferdinand Sinaga.


(AP)
  1. Torabika Soccer Championship
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA