1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

HUT kota Makassar, pemerintah umumkan layanan darurat 112

Bisa diakses gratis melalui semua layanan operator telekomunikasi

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 01 November 2016 13:15

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar akan memperkenalkan nomor tunggal panggilan telepon darurat 112 pada puncak peringatan hari ulang tahun kota Makassar ke-409, 9 November 2016.

Panggilan 112 merupakan proyek nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yang di Makassar dinamakan Care and Rescue Center. Nomor pusat layanan disiapkan untuk kepentingan darurat seperti kebakaran, gangguan keamanan, kecelakaan, dan berbagai peristiwa lainnya.

“Seluruh keperluan masyarakat yang sifatnya darurat akan dilayani, cukup dengan menekan 112 dari telepon mereka,” kata Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra, Selasa (1/11). Firman menyebut layanan darurat ini sama fungsinya dengan nomor 911 di Amerika Serikat.

Nomor tunggal panggilan darurat diharapkan jadi solusi keamanan bagi masyarakat. Nomor tersebut terintegrasi dengan berbagai instansi pelayanan masyarakat terdekat, sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan mencari pertolongan saat keadaan darurat.

Nomor darurat 112 bisa diakses secara gratis dari semua layanan operator telekomunikasi. Masyarakat yang menghubungi akan dilayani operator untuk menjelaskan masalah yang dialami. Operator kemudian mengarahkannya dengan pihak terkait pengaduan.

Pada HUT Makassar ke-409, Pemkot Makassar berencana meluncurkan sejumlah program inovasi baru pelayanan publik. Wali Kota Danny Pomanto mengungkapkan, layanan antara lain insentif bagi pedagang kaki lima, Badan Usaha Lorong (BULo), teknologi kamera CCTV infrared, layanan Homecare Laut, dan Lansia Care.

"Filosofinya kali ini adalah semua untuk rakyat. Karenanya kita menghadirkan inovasi baru untuk memaksimalkan pelayanan kita terhadap masyarakat," kata Danny. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA