1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Malas mandi di akhir pekan? Sebaiknya ubah kebiasan, ini alasannya

Mandi membantu tubuh mengeluarkan berbagai racun

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 27 November 2016 18:53

Merdeka.com, Makassar - Bagi sebagian orang, akhir pekan adalah waktunya bermalas-malasan. Setelah sibuk di hari kerja, ada yang memilih menghabiskan waktu liburnya di rumah atau bahkan di kamar selama seharian.

Malas-malasan juga kadang kala berarti malas mandi. Sebagian dari Anda pada akhirnya meninggalkan rutinitas mandi pagi, dan baru melakukannya di sore hari.

Jika pola hidup Anda seperti di atas, sebaiknya ubah dari sekarang. Malas mandi, selain menimbulkan bau yang kurang sedap, juga merugikan. Berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip dari doktersehat.com:

Sarang kuman

Sudah menjadi rahasia umum jika mandi akan membantu tubuh kita menjadi lebih bersih dari berbagai kotoran hingga kuman. Dengan tetap mandi di akhir pekan, maka kita pun tidak akan mudah terkena masalah bau badan atau rasa tidak nyaman pada tubuh karena badan penuh dengan kotoran. Andai di akhir pekan kita mau menyempatkan mandi dengan air hangat, kita bahkan bisa membantu tubuh mengeluarkan berbagai racun lewat keringat sehingga tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Kurang relaksasi

Selain mampu membersihkan badan, mandi ternyata juga mampu membuat pikiran kita menjadi jauh lebih tenang dan rileks. Bahkan, sebuah penelitian di Jepang menunjukkan fakta jika setelah kita mandi, kadar stress pada tubuh yang muncul karena berbagai tekanan dan kesibukan bisa menurun dengan signifikan. Andai kita malas mandi di akhir pekan, tentu kita akan melewatkan waktu terbaik untuk mendapatkan relaksasi setelah sepekan berjibaku dengan berbagai stress dan tekanan pekerjaan, bukan?

Aliran darah terhambat

Dengan mandi secara rutin di akhir pekan, kita akan membantu tubuh mendapatkan aliran darah yang semakin lancar sehingga berbagai organ tubuh bisa berfungsi secara optimal. Mandi juga akan membuat otot-otot menjadi lebih rileks sehingga kita pun akan lebih baik mengatasi rasa pegal-pegal. Andai kita malas mandi, kita tentu tidak akan mendapatkan kebaikan ini.

Kekebalan tubuh terganggu

Baik itu dengan air dingin maupun dengan air hangat, pakar kesehatan menyebutkan jika mandi bisa membantu kita meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem metabolisme tubuh. Andai kita rutin mandi meskipun di akhir pekan, hal ini tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA