1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Di Polsek ini tahanan diajari mengaji dan shalat

Mereka juga mendapat siraman rohani berupa ceramah agama

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 08 Oktober 2016 15:02

Merdeka.com, Makassar - Ada pemandangan berbeda ketika bertandang ke ruang tahanan di Kantor Kepolisian Sektor Biringkanaya Makassar. Tempat ini, pada waktu tertentu, berubah layaknya sebuah majelis taklim.

Para penghuni tahanan secara bersama-sama melantunkan ayat-ayat suci Al Quran. Seperti halnya pada Jumat (7/10) siang.

Di antara sekelompok orang, tampak salah satu pria yang dengan sabar memandu mereka mengaji. Dia adalah Kepala Seksi Umum Polsek Biringkanaya, Inspektur Dua Abdul Hakim.

Dikutip dari laman berita resmi Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Tribratanews Makassar, Sabtu (8/10), Abdul Hakim menungkapkan dirinya terpanggil untuk berbagi ilmu agama dengan para tahanan. Alasan itu yang membuat dia berinisiatif secara rutin mengajari tahanan mengaji, sembari berdakwah di antara mereka.

“Paling tidak hati mereka menjadi tenang saat dilanda masalah,” kata Hakim. Dia pun mengungkapkan sebuah hadist riwayat Rasulullah Muhammad SAW. “Sampaikanlah ilmu walau satu ayat,” ujarnya.

Hakim mengungkapkan, para tahanan tak hanya diajari mengaji dan mendapatkan siraman rohani. Mereka juga diajari tata cara shalat. Bagi Hakim, apa yang dia lakukan merupakan bentuk tanggung jawab seorang muslim untuk saling mengingatkan dalam berbuat kebaikan.

“Para tahanan itu sedang khilaf, jadi kita ingatkan,” katanya.

(AP)
  1. Serba-serbi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA