1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Kala kader PKK bersaing mengolah menu ikan

Peserta terbaik diharapkan mewakili Makassar di lomba tingkat nasional

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 11 Agustus 2016 13:00

Merdeka.com, Makassar - Tim Penggerak PKK Kota Makassar menggelar lomba masak yang diikuti kader dari 14 kecamatan, di rumah kediaman pribadi Wali Kota Mohammad Ramdhan Pomanto, Kamis (11/8). Lomba dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Makassar Indira Yusuf Ismail.

Dalam lomba, 70 peserta diuji keterampilannya dalam lomba cipta menu olahan serba ikan. Mereka juga bersaing mengkreasikan makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

"Keterampilan dan pengetahuan yang didapatkan selama perlombaan bakal disosialisasikan ke kader- kader hingga tingkat kelurahan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh warga kota Makassar," kata Indira saat membuka lomba.

Pengetahuan yang dimaksud antara lain pemilihan bahan makanan segar seperti ikan dan sayuran yang aman dikonsumsi tanpa bahan pengawet, dan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan. Juga tentang bagaimana mengolahnya dengan memperhatikan kebersihan, serta penyajian yang apik sehingga menggugah selera untuk menyantapnya.

"Makanan yang kita konsumsi tidak hanya enak yang terpenting harus aman dan bergizi," ujarnya.

Dalam lomba, peserta diberi kesempatan selama 15 menit untuk memilih bahan yang disiapkan di pasar arena lomba sesuai kebutuhan. Di pasar arena lomba peserta diminta untuk memilih bahan sesuai kebutuhan. Hal ini juga mengajarkan kepada kader PKK untuk bijak dalam berbelanja, tidak boros, belanja sesuai kebutuhan keluarga. “Nilai edukasi inilah yang kami harapkan dapat ditularkan ke rumah tangga di kota Makassar," Indira melanjutkan.

Saat semua bahan siap, peserta punya waktu 1 jam 45 menit untuk mengolahnya hingga siap disajikan. Setiap 15 menit, panitia membunyikan gong untuk mengingatkan peserta sisa waktu yang ada. Hasilnya dinilai oleh tim juri yang berasal dari Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia serta koki dari Hotel The Rinra, dan Hotel Four Point by Sheraton.

Lomba masak PKK merupakan program pemerintah pusat yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Peserta yang meraih nilai tertinggi pada lomba tingkat kota akan mewakili Makassar ke lomba serupa di tingkat provinsi pada September nanti, dan jika sukses di tingkat provinsi akan melanjutkan lomba hingga ke tingkat nasional pada November mendatang.

Tahun lalu, TP PKK kota Makassar berhasil mewakili Sulawesi Selatan di tingkat nasional. Tahun ini, Indira menargetkan ada penyempurnaan yang dapat diraih oleh kader PKK yang dipimpinnya, "Penyempurnaan di sisi pengetahuan, keterampilan, dan prestasi.” (NIA)

(AP)
  1. Serba-serbi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA