1. MAKASSAR
  2. KOMUNITAS

Mau jalan-jalan sambil beramal, gabung di Jelajah Masjid

Kegiatan berlangsung 1-3 Juni, sekaligus menyambut bulan suci Ramadan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 12 Mei 2016 09:00

Merdeka.com, Makassar - Bagi yang ingin liburan dalam waktu dekat tapi masih bingung menentukan tujuan, ada baiknya bergabung bersama Jalan Jalan Seru (JJS) Makassar. Komunitas peminat traveling di kota Makassar itu, sebentar lagi menjalankan program Jelajah Masjid 2016. Selain jalan-jalan, bisa sekalian beramal menjelang bulan suci Ramadan.

Lewat Jelajah Masjid,  JJS Makassar akan mengumpulkan donasi berupa alat keperluan ibadah, untuk disebar ke masjid-masjid di sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan. Sambil menikmati perjalanan, juga bisa mengetahui kondisi rumah ibadah di daerah yang dilalui.

Jelajah Masjid sendiri menjadi agenda serentak komunitas Jalan-jalan Seru se-Indonesia. Program di tahun 2016 menjadi agenda serupa yang untuk ketiga kali digelar.

Koordinator Jelajah Masjid 2016, Achmad Fachri menjelaskan, pihaknya membuka posko pengumpulan donasi bagi siapa saja untuk menyumbangkan barang yang akrab dengan kegiatan ibadah di masjid. Antara lain sarung, sajadah, mukenah, dan lain-lain. Panitia tetap menerima sumbangan berupa uang untuk dibelanjakan barang-barang tersebut. Pengumpulan donasi dimulai pada tanggal 15-30 Mei 2016.

Menurut Fachri, ide Jelajah Masjid berdasarkan pengalaman teman-teman di komunitas yang seringkali melakukan perjalanan ke berbagai daerah. “Teman-teman sering melakukan perjalanan darat dan singgah untuk shalat di satu masjid. Kadang kita jumpai alat-alat di masjid itu sudah kotor atau usang. Nah tujuan program ini untuk mendistribusikan donasi alat-alat tersebut,” kata dia.

JJS Makassar rencananya membagikan hasil pengumpulan pada masjid di jalan-jalan poros trans Sulawesi Selatan. Rombongan dibagi dalam dua etape, yakni etape 1 dari arah Makassar ke kabupaten Barru di arah utara, serta etape 2 dari Makassar ke kabupaten Bulukumba di selatan. Perjalanan dilakukan tiga hari, dari 1-3 Juni. “Kegiatan ini sekaligus dalam menyambut bulan ramadan 2016,” ujar Fachri.

Tentang JJS Makassar

Dari halaman blog resmi, Komunitas Jalan-jalan Seru Makassar disebut mulai terbentuk sejak 22 Januari 2012. Awalnya dari sebuah akun Twitter yang menawarkan solusi traveling murah dengan mengutamakan kebersamaan. Komunitas ini kemudian menjadi tempat berkumpulnya orang-orang dengan kesamaan hobi, jalan-jalan.

JJS Makassar mengemban misi memperkenalkan potensi pariwisata Sulsel, baik di bidang budaya, sejarah, alam, religi, kuliner, dan lainnya. Yang membedakan dengan komunitas lain, JJS tidak membatasi diri pada jenis perjalanan murah maupun mahal.

Selama tiga tahun terakhir, JJS melakukan sejumlah gebrakan. Tidak sekadar jalan-jalan, komunitas ini juga banyak membantu masyarakat dengan mengadakan kegiatan sosial dan pendidikan.

Setiap akhir pekan, JJS Makassar mengagendakan program #WeekendTanpaKeMall, merencanakan perjalanan yang disesuaikan dengan kondisi dan waktu para anggotanya. Sebab sebagian besar anggota dari kalangan pekerja dan mahasiswa.

Adapun program-program perjalanan lainnya,  #1DayTrip, perjalanan 1 hari, biasanya di setiap hari minggu atau hari libur lainnya; #1NightCamp, piknik 1 malam; #Jalan2Sore, di waktu sore yang senggang. #BerbagiSeru: ajang aksi sosial; dan #NightWalking, perjalanan malam mengitari sudut-sudut kota Makassar. Ada juga #RallyWisataSeru dan #GowesataSeru, yang bertujuan memperkenalkan wisata sejarah kota Makassar serta Makassar Tradisional Games Festival (MTGF) yang menjadi agenda rutin pariwisata tahunan di Makassar.

(AP)
  1. Agenda Komunitas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA