1. MAKASSAR
  2. PARIWISATA

10 destinasi populer di sekitar Makassar rekomendasi Tripadvisor 2017

Daftar ini membantu para wisatawan yang sudah mulai menyusun rencana perjalanan wisata

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 14 April 2017 13:42

Merdeka.com, Makassar - Makassar tak pernah kehabisan destinasi wisata untuk dikunjungi. Banyak tempat-tempat yang menarik dengan keunikan maupun sejarah tersendiri. Bagi Anda yang bingung menentukan tempat tujuan, berikut kami rangkum sepuluh tempat destinasi wisata paling populer di Makassar.

Tempat-tempat berikut ini merupakan rekomendasi Tripadvisor pada tahun 2017. Peringkatnya berdasarkan ulasan pengunjung Tripadvisor, salah satu aplikasi dan situs terbaik untuk mencari perbandingan destinasi tempat wisata.

Tripadvisor sengaja membuat daftar kawasan populer tersebut untuk memudahkan para wisatawan yang sudah mulai menyusun rencana perjalanan wisata di momen liburan. Daftar rekomendasi tersebut nantinya juga akan membantu para wisatawan untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk memesan akomodasi wisata.

Berikut daftarnya:

Trans Studio
Trans Studio Makassar adalah taman hiburan indoor terbesar ke-2 di Indonesia setelah Trans Studio Bandung. Di atas lahan seluas 2,7 hektar, Trans Studio Theme Park menyajikan 22 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Para pengunjung dapat merasakan bagaimana menjadi seorang bintang di depan kamera, serta menjadi orang-orang di belakang layar dari tayangan-tayangan favorit Trans TV dan Trans 7.

Pantai Losari
Pantai ini terletak di sebelah barat kota Makassar. Menjadi tempat favorit bagi warga untuk menghabiskan waktu pada pagi, soren dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah. Di sekitar pantai ini terdapat pusat makanan laut. Terdapat pula penganan khas Makassar pisang epe, yang dijajakan di warung-warung tenda di sepanjang pantai.

 


Fort Rotterdam
Benteng Ujung Pandang, sebagai nama lain Fort Rotterdam, merupakan benteng peninggalan kerajaan Gowa-Tallo di pesisir barat kota Makassar. Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' Kallonna. Benteng ii berbentuk seperti seekor penyu yang hendak merangkak turun ke laut. Di kompleks benteng kini terdapat Museum La Galigo yang didalamnya bisa disaksikan banyak referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar dan daerah lain di Sulawesi Selatan.

Paotere
Sebuah pelabuhan kapal rakyat yang terletak di Kecamatan Ujung Tanah Makassar. Pelabuhan ini salah satu warisan tempo doloe yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14. Pelabuhan Paotere sekarang ini masih dipakai sebagai pelabuhan perahu-perahu rakyat seperti Phinisi dan Lambo. Juga menjadi pusat niaga nelayan.

Kodingareng Keke
Pulau ini merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni di bagian barat Makassar. Meski berukuran kecil, pulau ini memiliki biota laut yang masih terjaga, sehingga pemandangan bawah lautnya masih alami. Jaraknya sekitar 14 kilometer dari Pantai Losari.

Masjid Raya Makassar
Masjid ini dibangun pada 1948 dan selesai tahun 1949. Masjid ini tempat dilaksanakannya MTQ nasional pertama pada tahun 1955. Presiden pertama RI Ir. Soekarno pernah singgah dan shalat Jumat di masjid ini. Demikian juga dengan mantan presiden Soeharto. Masjid ini dirombak besar-besaran pada tahun 1999.

Akkarena
Pantai ini terletak di Tanjung Bunga Makassar. Biasanya dijadikan pilihan tempat rekreasi bersama keluarga di hari libur, sebagai sarana bersantai, bermain, atau berolahraga. Pantai berpasir hitam ini menawarkan keindahan pantai dan dikenal dengan matahari terbenamnya.


Bugis Waterpark
Bugis Waterpark Adventure atau BWP disebut sebagai salah satu wahana permainan air terbesar di Indonesia timur. Terletak di kompleks perumahan Bukit Baruga Antang, kecamatan Manggala, tempat ini mulai beroperasi sejak tahun 2012 dan jadi alternatif baru tujuan wisata di Makassar. Karena berkonsep wahana bermain air, Bugis Waterpark menawarkan sejumlah pilihan rekreasi ‘basah’. Masing-masing wahana diberi nama dengan unsur lokal dalam bahasa Bugis, untuk mendekatkannya dengan budaya setempat. Di dalam satu kawasan, Anda bisa mencoba sensasinya satu persatu sembari menghilangkan penat.

Mall Ratu Indah
Mall terbesar kedua di Makassar. Didirikan pada tahun 1999 dengan konsep family mall yang menyediakan seluurh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Amiril Mukminin
Masjid Terapung, atau yang dikenal dengan nama Masjid Amirul Mukminin berdiri di atas air laut, dalam kawasan Anjungan Pantai Losari. Diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia. Berlantai tiga, masjid ini mampu menampung hingga jemaah. Biasanya, jelang sore, warga berbondong-bondong berkunjung untuk menunaikan ibadah, atau sekadar bersantai di sekitar kawasan masjid.

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Jelajah Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA