1. MAKASSAR
  2. PARIWISATA

Deretan kafe di Makassar yang pas untuk ngopi cantik

Selain menu kopi, konsep interior juga jadi jualan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 31 Oktober 2016 15:58

Merdeka.com, Makassar -  

Aktivitas minum kopi saat ini tengah menjadi tren di masyarakat, terutama kalangan muda. Tak heran jika bermunculan beragam kafe dan warung kopi baru. Untuk menikmatinya, kita bisa memilih tempat sesuai minat dan isi kantong.

Anda tentu sudah akrab dengan istilah ngopi cantik. Ungkapan yang tepat untuk mengungkapkan waktu bersantai kerabat sembari mengobrol dan menikmati kopi atau pun minuman sejenis. Kegiatan ini biasanya diikuti dengan berdandan cantik, selfie, dan membagikan momennya di media sosial.

Baca juga: Rasakan sensasi tradisi ngopi ala Makassar di tempat ini

Tingginya minat ngopi masyarakat mendorong kafe, warung dan kedai kopi membangun citra dan imajinya sendiri untuk menarik pelanggan. Berikut ini sejumlah kafe modern di Makassar yang sedang ‘hits’ di kalangan anak muda sebagai tongkrongan ngopi cantik.

Sentra Bazaar Panakkukang

Kawasan ini berdiri eks pusat perbelanjaan Pasar Segar, di jalan Pengayoman kecamatan Panakkukang. Berupa area yang dikelilingi sejumlah kafe dan stan kuliner. Pengunjung dimanjakan dengan suasana yang nyaman dengan harga terjangkau dan tempat parkir yang luas. Setiap Sabtu malam, manajemen menyuguhkan hiburan seperti pertunjukan musik, nonton bareng, dan lainnya.

Rata-rata kafe di kompleks ini menyuguhkan konsep kekinian yang simpel dan perabot sederhana. Masing-masing mengandalkan teknik meracik kopi pilihan dengan alat modern, tapi harganya murah.  Membuat orang betah tinggal berlama-lama. Ada beberapa kafe yang terkenal, antara lain Adapada Kedai, Kopiapi, dan Koffiehuis. Tempat ini mulai ramai sejak petang hingga lewat tengah malam.

Kopiteori

Kopiteori wajib Anda masukkan sebagai salah satu tujuan jika mencari tempat ngopi spesial di Makassar. Berbeda dengan coffee shop biasa, kafe di Jalan Beruang ini menawarkan berbagai jenis dan asal kopi dengan beragam teknik penyajian. Roasting biji kopi hingga penyajiannya dilakukan sendiri untuk menjaga cita rasa.

Tak sekadar nongkrong, Anda juga bisa belajar seluk-beluk tentang kopi, mencoba berbagai varian, hingga belajar meracik kopi sendiri. Kopiteori juga membuka kursus untuk yang berminat menjadi barista. Adapun harga untuk secangkir kopi, cukup bersahabat untuk kantong mahasiswa. Kopiteori buka sejak pukul 10 pagi hingga 12 malam.

Double Shot

Tempat ini sangat cocok bagi pecinta kopi nusantara. Sebab, mereka hanya menggunakan kopi lokal saja. Anda bisa memilih teknik penyajian kopi, mulai dari Aero Press, Vietnam Drip, Mokka Pot, hingga French Press. Adapun pilihan menunya antara lain beragam, dari espresso hingga kopi susu. Selain coffee shop, Double Shot menjual biji kopi dari berbagai daerah di Sulawesi dan melayani roasting bagi pelanggan. Harganya juga enteng untuk semua kalangan. Anda bisa mengunjunginya di Jalan Bali.

Essprezza Cafe and Bistro

Kafe ini menawarkan konsep eksterior khas mediterania, dengan suasana industrial di  dalam ruangannya. Essprezza menyediakan variasi menu makanan - minuman lokal dan luar.  Manajemen menyediakan ruangan terpisah untuk perokok dan non perokok. Jika Anda datang beramai-ramai, ada pula ruangan private yang bisa dipesan untuk jumlah pesanan tertentu.

Sewaktu-waktu, Essprezza menampilkan live music dan jamming session. Tempat ini biasanya ramai pada jam pulang kerja atau di akhir pekan. Lokasinya di Jalan Andi Mappanyukki.

Mark Trees Cafe

Kafe ini juga menyuguhkan kopi pilihan yang diperoleh dari petani lokal di Toraja dan Bantaeng. Untuk cita rasa original, biji kopi lebih dulu dibakar dengan kayu dan disangrai di atas wajan khusus menggunakan pasir. Menu andalannya adalah kopi shypon, yakni menggunakan pipa vakum udara.

Menariknya, di Mark Trees Anda bisa memadu padankan kopi dan alam. Sebab, kafe ini didesain dengan konsep outdoor dan lingkungan. Bangku-bangku taman dan sofa ditambah dengan pohon yang dibiarkan tumbuh menjulang di tengah pekarangan yang disulap menjadi area pengunjung. Menghadirkan suasana sejuk di tengah hiruk pikuk kota. Dijamin anti bising, cocok untuk Anda yang menginginkan ketenangan. Mark Trees terletak di Jalan Batu Putih.

Bagi Anda yang tertarik menjelajahi lebih banyak kafe dan tempat nongkrong di Makassar, ada baiknya menginstal aplikasi Nongki pada perangkat mobile. Aplikasi ini membantu Anda memilih tujuan ngopi cantik, berdasarkan keinginan dan kriteria tertentu, atau jarak terdekat. Anda bisa membaca informasi lebih lanjut di sini.

 

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Wisata Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA