1. MAKASSAR
  2. BERITA DUKA

Maestro lagu daerah Anci Laricci berpulang

Dia meninggal usai menderita sakit asma

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 08 Oktober 2017 14:37

Merdeka.com, Makassar - Kabar duka datang dari Anci Laricci. Musisi dan maestro lagu daerah Sulawesi Selatan itu meninggal pada usia 65 tahun di Rumah Sakit Stella Maris Makassar, Minggu pagi (8/10) setelah menjalani perawatan sakit asma.

Islahuddin, kerabat Anci, menuturkan bahwa Anci masih menghadiri pesta pernikahan di Hotel Four Point by Sheraton pada Sabtu (7/10) dan menyanyikan beberapa lagu untuk menghibur tamu undangan.

"Ternyata lagu-lagu yang dia nyanyikan lagu terakhirnya, dan sempat saya rekam. Memang almarhum sudah sakit dan mencoba tetap bugar untuk tampil, tapi dia terlihat sakit," katanya dikutip dari Antara.

Pelayat mulai berdatangan dan memadati rumah duka sejak kabar kepergian almarhum. Pelayat tidak hanya dari kalangan musisi, dan seniman. Sejumlah birokrat dan tokoh masyarakat juga terlihat menyesaki rumah duka.

Rasa duka mendalam turut dirasakan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto yang siang tadi melayat di rumah duka, Griya Panakkukang Permai, Jalan Hertasning Makassar.

"Makassar kehilangan seorang maestro. Alamarhum Anci Laricci lewat karyanya yang legendaris telah mengharumkan nama Makassar. Siapa yang tak kenal karya - karya almarhum," duka Wali Kota Danny.

Sosok Almarhum Anci Laricci di mata Wali Kota Danny adalah pelestari budaya, pengawal peradaban. Karyanya di bidang tarik suara tidak hanya menghibur jutaan pendengar namun juga mewarnai peradaban Makassar.

Anci Laricci dikenal sebagai seorang penyanyi lagu daerah. Karya-karyanya yang terkenal antara lain Pantai Losari, I Kau Tonji, Balo Lipa, dan Sajang Rennu.

Salah satu karya ikonik almarhum Anci Laricci adalah gubahan lagu Pantai Losari yang tampil bersama The Legend Makassar pada malam penutupan Makassar International Eight Festival and Forum (Makassar F8) di panggung utama Anjungan City of Makassar pada 10 September 2017 lalu.

"Tanpa karya almarhum, Makassar F8 tak semeriah yang telah kita saksikan. Tak mudah menciptakan lirik lagu, menggubahnya dalam alunan nada hingga mendesain koreografi. Makassar sangat kehilangan," sedih Wali Kota Danny.

Anci Laricci menghembuskan nafas terakhir akibat penyakit sesak nafas yang dideritanya. Sebelum meninggal dunia, almarhum sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Stella Maris selama tiga hari. (NIA)

(AP)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA