1. MAKASSAR
  2. KULINER

Cobain, nasi goreng merah khas Makassar

Warna merah berasal dari saus tomat yang dibuat dengan resep khusus

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 24 Agustus 2016 19:40

Merdeka.com, Makassar - Nasi goreng sejak lama jadi menu kuliner favorit di tanah air. Menu ini, selain mudah didapatkan, juga gampang dibuat sendiri di rumah. Cita rasanya akrab di lidah berbagai kalangan orang. Dapat dikonsumsi kapan saja, juga dengan berbagai bahan tambahan tanpa mengurangi kelezatan.

Dari sekian banyak variasi olahan, nasi goreng merah khas Makassar salah satu yang paling populer. Seperti namanya, nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng umumnya yang berwarna kecokelatan. Warnanya merah terang.

Warna merah bukan karena bahannya beras merah. Bukan pula dari zat pewarna. Nasi yang digunakan tetap beras putih. Merahnya berasal dari saus tomat dibuat dengan resep khas Makassar.

Di Makassar, ada banyak warung yang menjajakan nasi goreng merah. Salah satu yang terkenal berada di jalan Gunung Bulusaraung. Nasi Goreng Oke namanya. Di tempat yang sudah buka sejak tahun 1989 ini, nasi goreng merah jadi menu unggulan. Kenikmatan dari resep yang diwariskan turun-temurun sudah sudah terkenal ke mana-mana.

Nasi goreng merah menggunakan bahan bumbu seperti varian lain nasi goreng. Misalnya bawang putih, merica, garam, dan cabai merah. Yang istimewa adalah tambahan bahan saos tomat yang diracik sendiri. Jangan ngeri dengan tampilannya yang garang. Karena nasi goreng merah menawarkan cita rasa gurih dan manis yang dominan, ditambah sedikit pedas.

Seporsi nasi goreng merah disajikan dengan tambahan daging ayam, udang, dan potongan sayur. Juga dilengkapi taburan bawang goreng, mentimun, dan jeruk nipis untuk tambahan sensasi rasa segar. Kombinasi semua bahan tersebut dijamin membuat Anda ketagihan.

Makan di Nasi Goreng Oke sangat pas bagi pemegang falsafah “makanan enak adalah yang porsinya banyak”. Sebab sebagian orang akan beranggapan bahwa, satu porsi atau sepiring nasi goreng di tempat ini lebih cocok jika dinikmati oleh dua orang. Dijamin bikin kenyang.

Ada tiga pilihan porsi nasi goreng. Porsi kecil seharga Rp 24 Ribu, porsi besar Rp 25 Ribu, dan Jumbo senilai Rp 38 Ribu.

Nasi Goreng Oke juga menyediakan aneka menu lain, seperti nasi goreng jakarta, nasi goreng ikan asin, dan nasi goreng seafood. Tak hanya nasi, ada pula aneka olahan mi, seperti mi goreng, mi hokkian, mi kuah, dan capcay.

Bagi Anda yang sedang lapar dan tergoda makan dengan porsi yang mengenyangkan, tak ada salahnya berkunjung ke Nasi Goreng Oke. Warungnya buka setiap hari, sejak petang hingga jelang tengah malam.

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Kuliner Pilihan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA