1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Jelang ramadan, Pemerintah dan KPPU sidak pasar di Makassar

Harga di pasar tradisional lebih murah ketimbang pasar modern

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 16 Mei 2017 14:50

Merdeka.com, Makassar - Jelang Ramadhan, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang, dan Ketua KPPU Pusat Syarkawi Rauf melakukan sidak di Pasar Terong, Hypermart, dan Lotte Mart, Selasa (16/5).

Sidak dilakukan untuk memantau pasokan dan harga komoditi bahan pokok di pasar tradisional dan modern menjelang Ramadhan. Hasil sidak menunjukkan ada perbedaan harga komoditi bawang putih di pasar terong dengan Hypermart, dan Lotte Mart.

"Harga bawang putih di pasar tradisional lebih murah ketimbang pasar modern. Jika ingin dapatkan bawang putih dengan harga murah berbelanjalah ke pasar tradisional," saran Danny.

Harga bawang putih eceran di pasar tradisional maksimal Rp 40 ribu per kilo gram, grosir Rp 38 ribu per kilo gram sedangkan di pasar modern, harga bawang putih bisa mencapai Rp 59 ribu per kilo gram. Terdapat selisih harga hingga Rp 19 ribu per kilo gram.

Adanya perbedaan harga di dua tempat disebabkan besaran jumlah pajak yang harus dibayarkan juga berbeda.

Sementara itu, menyoal  ketersediaan bahan pokok menjelang Ramadhan, Wakil Gubernur Agus Arifin Nu'mang menyampaikan jika pasokan bahan pokok di Sulawesi Selatan relatif aman hingga menjelang lebaran. (NIA)

(AP)
  1. Kesejahteraan Rakyat
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA