1. MAKASSAR
  2. KULINER

Jelajahi 7 tempat makan pilihan Lonely Planet di Makassar

Dari restoran bergaya mewah hingga warung tenda tepi jalan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 13 Mei 2016 18:41

Merdeka.com, Makassar - Ada banyak petunjuk wisata yang memudahkan pengunjung mengeksplorasi kekayaan Kota Makassar. Salah satunya Lonely Planet, situs dan buku panduan perjalanan terbesar di dunia.

Di halaman digitalnya, Lonely Planet menggambarkan Kota Makassar sebagai salah satu metropolitan dan kota pelabuhan terbesar di Indonesia. Menjadi pusat perdagangan dan persinggahan, yang dihuni mayoritas etnis Makassar, Bugis, dan Tionghoa. Makassar disebut memiliki pemandangan menarik dengan cuaca tropis, yang mampu menggoda wisatawan tinggal selama beberapa hari.

Lonely Planet menjelaskan panduan untuk sejumlah kebutuhan selama berada di Makassar. Mulai dari tempat tujuan wisata, hotel, penerbangan, kuliner, peta, serta informasi penting lainnya. Untuk kebutuhan makanan dan minum, situs ini merekomendasikan setidaknya tujuh tempat tempat terbaik. Tak terkecuali warga lokal, informasi berikut mungkin berguna bagi kamu yang berniat menjelajah Makassar yang dikenal sebagai salah satu surga kuliner nusantara.

1. Rumah makan Lae Lae

Sebuah restoran seafood terkenal. Lae Lae ramai dikunjungi karena menawarkan makanan segar yang langsung diperoleh dari nelayan. Masuk ke tempat ini langsung disuguhi pemandangan serta aroma pembakaran ikan dan makanan laut. Pengunjung makan di meja-meja panjang, di mana dapat berbaur dengan warga lokal. Ada tiga pilihan sambal dan sayuran segar, yang menambah kenikmatan makanan utama.


RM Lae Lae berdiri di Jalan Datu Museng 8, dan buka dari pagi hingga pukul sepuluh malam. Harga makanan di tempat ini bervariasi, rata-rata Rp 30 Ribu per porsi.

2. Kampoeng Popsa

Tempat ini berkonsep food court yang diisi sejumlah tenant produk makanan dan minuman. Memiliki sisi terbuka di depan dan belakang, yang menghadap tepat ke pelabuhan dan laut. Pilihan tepat untuk bersantai sembari menikmati angin laut.

Ada banyak pilihan makanan di sini, mulai mi, sushi, serta kuliner tradisional seperti pallu basa. Tersedia juga aneka jenis minuman dan es krim. Sesekali disediakan live music di malam hari. Tempatnya persis di depan benteng Fort Rotterdam, jalan Pasar Ikan. Harga mulai Rp 25 Ribu.

3. Bistropolis

Dirancang dengan konsep bergaya modern, Bistropolis menawarkan aneka makanan internasional. Misalnya pasta dan pizza, stik, lobster, ikan, dan sejumlah hidangan Asia. Es krim dan kopi di tempat ini salah satu yang populer di Makassar. Tempatnya sendiri dirancang dengan pencahayaan halus, tempat duduk yang nyaman, serta pelayanan yang ramah. Membuat pengunjung betah makan dan minum berlama-lama.

Kunjungi Bistropolis di Jalan Sultan Hasanuddin 18. Makanan di sini dihargai Rp 50 ribu hingga Rp 149 Ribu. Buka dari pagi hingga malam. Pada akhir pekan, jam buka hingga pukul 1 dini hari.

4. RM Nelayan

Sulit menahan aroma dari restoran ini, jika sedang melintas di Jalan Alimalaka Makassar. Tempatnya memang dikenal sebagai pilihan favorit ikan bakar. Rasakan enam pilihan bumbu yang langsung disediakan di meja saat memesan makanan. Aneka ikan dan udang ditawarkan dalam berbagai gaya, termasuk menu andalan rica-rica. Harganya berkisar Rp 40 Ribu - Rp 70 Ribu.

5. RM Pate’ne

Rumah makan di jalan Sulawesi 48 ini Menawarkan hidangan tradisional Makassar dan Indonesia dengan rasa otentik. Nikmati menu favorit Soto Ayam atau nasi campur dengan harga terjangkau, berkisar Rp 11 Ribu - Rp 28 Ribu. Aneka jus buah segar, seperti melon, mangga, apel, dan alpukat tersedia di sini.

6. Sentosa

Warga Kota Makassar biasanya berduyun-duyun ke sini untuk menikmati pemandangan langit terbenam sambil mengisi perut. Jadi pilihan orang banyak karena harga yang murah, dan menu andalan bakso dan mi pangsit yang lesat. Tempatnya mudah ditemukan, di jalan Penghibur 26 yang langsung menghadap pantai Losari.

7. Sari Laut

Ini bukan merujuk nama sebuah rumah makan, namun merupakan kawasan kuliner yang menjajakan aneka makanan hasil laut.  Kamu bisa menemukannya berdiri dengan tenda-tenda kaki lima di sepanjang jalan Pasar Ikan, dekat benteng Fort Rotterdam. Biasanya ditemukan sepanjang malam dengan menawarkan makanan murah, di bawah Rp 25 Ribu. Tempat yang tepat untuk merasakan aneka jenis ikan dengan suasana tepi jalan. Tempat ini menawarkan hiburan dari pengamen yang mendatangi mejamu untuk bernyanyi.

(AP)
  1. Kuliner Pilihan
  2. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA