1. MAKASSAR
  2. KULINER

Kenyalnya otak-otak ibu Elly

Mulai dikenal di Makassar sejak tahun 1995

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 09 Mei 2016 10:09

Merdeka.com, Makassar - Entah siapa yang pertama kali memberikan nama otak-otak pada makanan berbahan dasar ikan tenggiri ini. Namun meski bernama cukup ekstrim, pengananan ringan ini sudah mendapat tempat tersendiri di hati penikmat kuliner nusantara. Tak terkecuali di Makassar.

Otak-otak bisa ditemukan di sejumlah toko dan warung makan di Makassar. Salah satu yang paling terkenal, Otak-otak Ibu Elly. Merk ini sudah mulai dikenal sejak tahun 1995, dan konon kualitas rasa dan kenikmatannya tidak pernah berubah sampai sekarang. Berbagai penghargaan juga pernah diraih produk ini, termasuk Makassar Most Favourite Award Culinary.

Otak-otak Ibu Elly terletak di rumah pribadi pemiliknya, Elly, di jalan Kijang nomor 7D Makassar. Dalam sehari, Elly mengaku bisa menghabiskan 50 kilogram daging tenggiri untuk mengolah otak-otak. Banyak pengunjung dari luar kota yang menjadi pelanggan tetap tempat ini jika berada di Makassar.

Bagi yang penasaran, otak-otak sejatinya adalah penganan ringan yang diolah dari ikan tenggiri, tepung gandum dan aneka rempah. Kenyal, tapi gurih dan nikmat. Salah satu yang menjadi khas, di mana pun daerahnya, makanan ini selalu dibungkus dengan daun pisang untuk menghasilkan aroma khas.

Orang biasanya menikmati langsung otak-otak di tempatnya membeli. Bisa juga dibawa pulang ke rumah, dan tinggal menghangatkannya kembali dengan panggangan atau wajan. Makanan ini paling nikmati bersama sambal kacang atau petis. Otak-otak bisa jadi salah satu pilihan oleh-oleh di Makassar, mengingat daya tahannya cukup tinggi, yakni sampai satu bulan jika disimpan di rak pembeku kulkas.

Otak-otak Ibu Elly menawarkan aneka harga. Pengunjung bisa membeli dengan harga satuan, atau dalam per paket kemasan. Tinggal memilih jumlah satuan dalam kemasan, dari isi 10, 20, hingga 50. Kisaran harganya mulai Rp 35 Ribu hingga Rp 150 RIbu.

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Kuliner Pilihan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA