1. MAKASSAR
  2. PARIWISATA

Ayo ke Makassar, surga wisata bahari

Sumber daya hayati di pulau-pulau luar jadi magnet wisatawan

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 10 Agustus 2017 20:24

Merdeka.com, Makassar - Potensi wisata bahari Makassar menawarkan sejuta pesona. Makassar menjadi surga wisata bahari bagi mereka yang mencintai  kehidupan pulau dan pesisir.

Makassar memiliki luas wilayah 175.77 km2, dengan luas perairan sekira 100 km2. Di sepanjang Selat Makassar membentang 11 pulau atau disebut juga gugusan pulau spermonde yang jika dilihat dari udara, bentuknya menyerupai sperma.

Di antara 11 pulau di Makassar, 10 diantaranya adalah pulau berpenghuni diantaranya Pulau Lae - Lae, Samalona,  Kodingareng, Barrang Lompo, Barrang Caddi, Bonetambung, Lumu - lumu, Langkai, dan Lanjukang.

Di akhir 2016 lalu, Pemerintah kota (Pemkot) Makassar resmi membentuk Kecamatan Kepulauan Sangkarrang agar masyarakat pulau tidak lagi menjadi warga yang terpinggirkan dari kebijakan pemerintah.

Sumber daya hayati yang dimiliki pulau-pulau di Makassar menjadi magnet bagi wisatawan. Potensi terumbu karang, hamparan pasir putih, air laut dengan warna hijau kebiruan, padang lamun, dan ikan herbivora menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Mereka dapat menikmatinya dengan berjalan di sepanjang bibir pantai, bersantai di hammock ditemani semilir angin, menyelam ataupun snorkling.

Berbagai event pariwisata juga dihelat pemerintah kota Makassar untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Teranyar, Makassar F8 yang menjadi event water front city terbesar bukan hanya di tanah air juga mancanegara.

"Tahun ini kami menggelar selama lima hari dengan target 1 juta pengunjung, 100 kota dunia dari lima benua," papar Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Pesona wisata bahari Makassar dibeberkan Wali Kota Danny, saat berbicara pada Seminar Nasional dan Berbagi Pengetahuan yang mengusung tema 'Maritim dan Kepulauan dalam Perspektif Ekopariwisata' di Grand Clarion Hotel and Convention, Kamis, 10 Agustus 2017.

Danny mengundang peserta dan pembicara seminar menghadiri Makassar F8 yang bakal dihelat 6 hingga 10 September 2017 nanti di sepanjang Anjungan Pantai Losari.

Hingga kini, telah ada 23 negara yang menyatakan kesiapan berpartisipasi dalam event pariwisata terbesar tahun ini. (NIA)

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Wisata Bahari
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA