1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Agar dompet tidak ‘jebol’ jelang lebaran

Siapkan perencanaan sejak jauh hari

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 29 Juni 2016 15:15

Merdeka.com, Makassar -  Setiap tahun masyarakat biasanya mengkhawatirkan adanya pembengkakan anggaran belanja rumah tangga jelang hari raya lebaran. Itu karena mereka harus memenuhi sejumlah pos-pos tambahan dalam daftar anggaran belanja bulanan selama Ramadan, serta persiapan menyambut datangnya hari raya.

Membengkaknya pengeluaran biasanya dapat tertutupi dengan Tunjangan Hari Raya dari tempat bekerja dengan besaran biasanya satu kali bulan gaji. Tapi, menggunakan THR juga mesti perencanaan agar kantong tidak ‘jebol’.

Berikut sejumlah tips yang kami rangkum dari theAsianparent, yang bisa jadi acuan untuk perencanaan anggaran belanja agar pengeluaran tidak terlalu boros.

Belanja jauh hari

Biasanya mendekati puasa dan lebaran harga bahan-bahan cenderung naik. Dengan berbelanja jauh hari sebelumnya, Anda akan bisa lebih menghemat pengeluaran.

Buat daftar prioritas

Utamakan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan harian selama puasa dan lebaran. Biasanya kebutuhan pokok selama puasa dan lebaran juga akan mengalami kenaikan kuantitas, sebab selama puasa akan ada beberapa acara yang biasanya diadakan seperti buka puasa bersama. Jelang lebaran juga akan ada acara pembuatan ketupat lebaran dan acara kumpul bersama keluarga dan handai taulan.

Jangan lupakan kewajiban

Sisihkan uang untuk sedekah dan membayar zakat sebagai prioritas utama. Sebaiknya uang untuk pos ini disiapkan sejak jauh hari.

Baju baru

Jika dalam keluarga Anda terbiasa memakai baju baru saat berlebaran, ada baiknya manfaatkan momen diskon besar-besaran untuk mencari baju lebaran. Tetapi Anda juga harus teliti dan cermat dalam memilih barang diskon. Jangan sampai kalap dengan godaannya. Adapun mukena, sajadah, dan sarung lama yang masih bagus, sebaiknya tidak perlu diganti. Kecuali jika barang-barang tersebut sudah usang karena setiap hari di pakai. Jika Anda hanya memakainya sekali atau dua kali setahun, tentunya Anda masih belum perlu membeli yang baru.

Biaya perjalanan

Penting menyisihkan anggaran belanja untuk berkunjung ke sanak saudara atau pun rencana mudik. Karena biasanya, lebaran akrab dengan kegiatan kumpul-kumpul bersama keluarga. Dan biasanya pada musim lebaran, biaya ongkos transportasi juga mengalami kenaikan signifikan. Beda halnya jika menggunakan kendaraan pribadi.

Jangan kalap

Jangan habiskan anggaran belanja yang ada. Sebaiknya sisihkan sebagian untuk dana darurat Anda Pada intinya Anda harus bijak dalam mengatur keuangan meskipun pos tambahan pemasukan juga ada. Utamakan kebutuhan pokok sebelum memenuhi kebutuhan lainnya

(AP)
  1. Rumah Tangga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA