1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Kapan waktu terbaik untuk berolahraga? ini jawabannya

Penting menemukan ritme siklus harian

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 18 Mei 2016 15:52

Merdeka.com, Makassar - Jennifer Bayliss,  seorang ahli kebugaran dan pelatih di Everyday Health, membagikan tips seputar waktu yang tepat untuk berolahraga. Menurut dia, studi tentang topik ini sudah berulang kali dilakukan dan rata-rata menyarankan waktu terbaik di pagi dan sore hari.

Namun, Jennifer menganggap pada akhirnya olahraga harus dikembalikan ke preferensi pribadi dan gaya hidup masing-masing. Sebaiknya pilih waktu yang bisa membantu Anda berolahraga secara rutin dan konsisten di sela rutinitas. Berikut penjelasannya dikutip dari Everyday Health:

Temukan ritmemu
Pernah bertanya-tanya mengapa sebagian orang mampu beraktivitas dengan baik di pagi hari sedangkan yang lain tidak? Ini ada hubungannya dengan jam internal tubuh, atau ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah siklus harian dari siklus tidur dan bangun. Siklus ini yang mengatur perubahan fisik, mental, dan perilaku dalam jangka waktu 24 jam. Suhu tubuh, tekanan darah, dan metabolisme adalah beberapa pross fisiologis yang dapat dipengaruhi oleh jam internal tubuh.

Ritme tubuh menyikapi perubahan lingkungan dan dapat diatur ulang. Perubahan lingkungan yang mempengaruhi ritme sirkadian mencakup terang dan gelap, suhu lingkungan, cahaya buatan, penggunaan jam alarm untuk bangun, waktu makan, dan waktu berolahraga. Jam pribadi ini dapat menjadi pertimbangan yang tepat untuk memilik waktu berolahraga.

Olahraga pagi
Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih konsisten dengan latihan rutin mereka. Dengan berolahraga sebelum disibukkan aktivitas harian, Anda punya kesempatan untuk mengatur jadwal yang lebih baik. Orang yang berolahraga pada pagi hari biasanya menemukan diri mereka dapat mengelola waktu secara lebih baik dan lebih berenergi sepanjang hari.

Jika Anda melakukan latihan di pagi hari, pastikan diri punya waktu pemanasan ekstra agar suhu tubuh meningkat dan otot-otot hangat. Sebagian orang mengalami kesulitan berolahraga di pagi hari karena pusing, kelelahan, atau lemah disebabkan perut kosong. Jika itu terjadi pada Anda, siapkan makanan kecil, seperti pisang atau satu porsi yogurt rendah lemak, sebelum latihan.

Olahraga sore
Olahraga pada sore atau malam hari dapat menjadi cara yang sempurna untuk bersantai. Beberapa orang menemukan bahwa latihan sore atau malam lebih produktif dan membantu meringankan tekanan. Bagi orang lain, berolahraga di pagi hari tidak nyaman, karena saat bangun, otot-otot masih terasa ketat dan gula darah sedang rendah. Pada sore atau malam, subuh tubuh secara alami meningkat, otot-otot hangat dan fleksibel.

Selain jam pribadi, penting menjawab, apakah Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan, menghilangkan stres, atau salah satu dari banyak manfaat kesehatan lainnya. Penting untuk konsisten. Jadwalkan waktu latihan berdasarkan apa yang terbaik bagi Anda: pagi, siang, sore, atau malam.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA