1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Cara mudah menjaga paru-paru tetap sehat

Bisa dimulai dengan berhenti merokok

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 16 Mei 2016 13:18

Merdeka.com, Makassar - Sangat penting memiliki paru-paru yang sehat. Organ ini termasuk yang paling aktif di dalam tubuh, melakukan fungsi pernafasan setiap saat. Bayangkan, kita bisa hidup berminggu-minggu tanpa makanan, berhari-hari tanpa minuman, tapi tidak tanpa udara.

Menjaga tubuh tetap bersih dari dalam adalah cara terbaik untuk tetap sehat. Beberapa orang bahkan secara teratur menjalani program pembersihan usus dan hati secara rutin. Tapi apakah anda tahu, menjaga paru-paru tetap bekerja maksimal bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Berikut tipsnya, dirangkum dari Global Healing Center.

1. Jangan merokok

Tidak ada perdebatan soal ini. Efek merugikan dari asap rokok terhadap paru-paru telah dikenal dan didokumentasikan selama lebih dari seratus tahun, namun sejumlah orang terus melakukannya. Rokok memiliki kandungan tar berbahaya dan obstruktif di paru-paru. Belum lagi kandungan bahan kimia lain seperti karbon monoksida, yang menghambat fungsi mekanik paru-paru serta memicu masalah besar seperti kanker dan emfisema.

Merokok buruk bagi kesehatan diri sendiri dan orang di sekitar. Tidak perlu banyak penjelasan lagi, mulai merokok dari sekarang.

2. Bernafas dalam-dalam

Benarkah latihan pernapasan dapat memperkuat paru-paru dan membantu membuang racun?  Sama halnya otot bisep yang memperkuat lengan, latihan pernapasan secara dalam akan memperkuat paru-paru dan membersihkan saluran udara. Bernafas dalam juga memberi manfaat tambahan, yakni memberikan oksigen yang lebih berkualitas. Sekali atau dua kali sehari, cari tempat yang tenang dan lakukan latihan pernapasan. Gunakan kapasitas penuh paru-paru setiap kali menarik napas, lalu embuskan.


3. Makan pembersih paru

Kacang-kacangan, daun pisang, dan cabai rawit menurut penelitian cukup membantu mengembalikan fungsi optimal paru-paru yang sehat. Sebagian besar kacang mengandung vitamin E yang diyakini mengurangi resiko kanker. Daun pisang, dengan lendirnya, berguna menekan dan membantu masalah pernapasan. Paprika sama ampuhnya dengan makanand di atas. Bisa meredakan iritasi saat menderita batuk atau sakit tenggorokan.


4. Perbaiki sirkulasi udara dalam ruangan

Lingkungan dalam ruangan dapat terkontaminasi lebih dari seribu jenis jamur dan lumut. Jok, karpet, cat, dan bahan bangunan lain merupakan sumber umum polusi dalam ruangan. Masalah polusi diperparah oleh kenyataan bahwa konstruksi rumah lebih kedap udara dalam 30 tahun terakhir. Selain membersihkan rumah secara rutin, sebaiknya perhatikan sistem pertukaran udara di dalam ruangan. Semakin baik sirkulasi, kemurnian udara pun semakin terjaga.

5. Tanaman herbal

Tanaman seperti oregano, kulit jeruk, eucalyptus, pepermin, akar osha, chaparral, dan lobelia telah digunakan selama ratusan tahun sebagai solusi alamai untuk kondisi pernapasan. Bahan herbal ini banyak tersediad dalam bentuk ekstrak kapsul atau pil. Tanaman ini menjadi suplemen pembersihan alami, yang mendukung penyembuhan penyakit pernapasan, membantu fungsi normal paru-paru, dan membersihkannya dari polutan berbahaya.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA