1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

4 hal ini membantu harimu lebih bahagia

Menemukan kebahagiaan dalam hidup berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 13 Mei 2016 09:24

Merdeka.com, Makassar - Membentuk hidup yang sehat tidak selalu harus dilakukan dengan menyusun program diet makanan. Menemukan kebahagiaan dalam hidup, juga berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan. Menurut sebuah studi dalam Prosiding National Academy of Sciences, kebahagiaan membantu menurunkan kadar kortisol, hormon stres yang berhubungan dengan sejumlah penyakit seperti hipertensi dan diabetes.

Tapi jika Anda tidak menemukan kebahagiaan setiap hari, apa yang bisa dilakukan? Gabriele Bernstein, penulis buku best seller, percaya bahwa kebahagiaan pribadi dapat dicapai dengan meditasi. Studi dari JAMA Internat Medicine juga menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi stres dan meredakan gejala kecemasan dan depresi, yang berkaitan dengan segudang kondisi kesehatan.

Ingin mencoba meditasi? Berikut tips Bernstein seperti dikutip dari everydayhealth.com, bagaimana cara bermeditasi untuk menemukan kebahagiaan setiap hari, yang akhirnya meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan Anda.

1. Pikirkan kebahagian

“Saat melihat diri kita sendiri di cermin setiap pagi, dan memikirkan semua hal yang ingin kita ubah, itu adalah pilihan yang kita buat,” kata Bernstein. “Buatlah komitmen untuk mengubah dirimu, dan jadikan kebahagiaan hal yang utama.”

Dia merekomendasikan untuk mendengar musik saat memulai hari. Hindari TV. Buat playlist musik pemicu semangat untuk membantu meningkatkan mood dan mencerahkan semangat. Jika punya waktu beberapa menit, duduk diam dan bermeditasi sambil mendengarkan satu atau dua lagu.

2. Keluar dari pola pikir negatif

Diganggu oleh pikiran-pikiran yang tidak diinginkan? Bernstein menyarankan teknik meditasi “Snap Out of It”, di mana Anda memakai karet gelang di pergelangan tangan. Setiap kali Anda mulai berpikiran negatif tentang diri sendiri atau orang lain, kibaskan karet ke lengan Anda. Ini benar-benar akan membantu Anda keluar dari pikiran negatif.

3. Keluarkan jiwa kekanakan

Setiap kali Anda merasa stres akan tanggung jawab dan komitmen, kabur sejenak dari duniamu. Matikan komputer dan ponsel, dan manfaatkan sisi kekanakan Anda. Ketika merasa lebih seperti anak kecil, kita bisa menumbuhkan rasa ingin tahu dan kreativitas. Bernstein menyarankan mengambil waktu istirahat di siang hari, di mana Anda duduk sendiri dan menghabiskan lima sampai 10 menit berimajinasi tentang pengalaman yang mungkin selalu didambakan.

“Energi sisi kekanakan membawa kita lebih jauh kepada perspektif positif dan melepaskan ketegangan,” kata Bernstein.

4. Tidur untuk memulihkan pikiran

Tidur sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Tapi orang-orang sering lupa bahwa itu juga merupakan praktek spiritual yang menguntungkan kita secara mental dan emosional. Kurang memejamkan mata adalah cara lain kita memblokir kebahagian dari kehidupan kita. Untuk membantu Anda mendapatkan istirahat di malam hari, Bernstein menyarankan teknik Kundalini, yakni pernapasan dengan cara sederhana.

“Duduk tegak di tempat tidur anda dan bernapas dalam-dalam. Tarik udara lewat mulus dan hembuskan melalui hidung. Lanjutkan siklus ini selama kurang lebih satu menit.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA