1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Agar tetap sehat usai berlebaran

Berbagai penyakit kronik tersebut cenderung kambuh setelah lebaran akibat makanan

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 28 Juni 2017 13:07

Merdeka.com, Makassar - Hari Raya Idul Fitri telah usai. Setelah hampir sebulan kita berpuasa, banyak manfaat dirasakan oleh orang-orang yang menjalaninya.

Beberapa penyakit umumnya membaik selama puasa. Sakit maag membaik, berat badan pun turun rata-rata 5%. Bagi penderita penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, kadar asam urat dan kolesterol tinggi, tekanan darah menjadi terkontrol, gula darah terkendali, demikian juga peningkatan kadar asam urat dan kolesterol.

Pertanyaannya adalah bagaimana mempertahankan kondisi kesehatan yang membaik sesaat di kala Ramadhan untuk tetap demikian setelah Ramadhan usai.
Tantangan yang terberat adalah berbagai penyakit kronik tersebut cenderung kambuh setelah lebaran, akibat mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, manis dan asin.

Berikut beberapa kiat untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit yang biasa muncul ketika kolesterol naik, seperti misalnya hipertensi dan stroke, dikutip dari laman Hello Doctor:

Pastikan anda selalu beraktivitas atau berolahraga. Jika Anda masih menikmati cuti, jangan tinggalkan olahraga dalam keseharian Anda. Tanamkan pola pikir sederhana. Jika Anda makan banyak, maka Anda harus banyak berolahraga pula.

Upayakan mengonsumsi buah segar, apalagi bagi mereka yang sulit makan sayur. Perbanyak makan makanan yang tinggi serat, karena serat akan menghambat penyerapan lemak. Jadi misalnya jika Anda memakan semangkuk soto atau gulai, pastikan setelahnya Anda makan semangkuk besar pepaya potong tanpa gula.

Tetap banyak mengonsumsi air putih. Dalam sehari, minimal 2 liter air putih harus dikonsumsi. Jadikan ini sebagai aturan maha penting bagi Anda dan selalu harus Anda patuhi.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA