1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Selain wortel, makanan ini membantu mata tetap sehat

Komponen gizi dan mikronutrien memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan mata

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 21 Agustus 2017 17:40

Merdeka.com, Makassar - Sejak dulu wortel diketahui sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata. Dengan kandungan vitamin A, anjuran makan wortel untuk mencegah berbagai gangguan penglihatan sudah lazim diberikan sejak kecil hingga lanjut usia. Namun ternyata, tak hanya wortel dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Mengutip Klik Dokter, dalam sebuah studi mengenai katarak ditemukan bahwa mata sangat sensitif terhadap kondisi kekurangan nutrisi. Komponen gizi dan mikronutrien seperti protein, vitamin A, C, E, niasin, dan tiamin adalah beberapa yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan mata.

Komponen gizi tersebut terdapat dalam berbagai makanan di bawah ini, yang mungkin sudah diketahui manfaatnya bagi kesehatan tetapi tidak disadari fungsi spesifiknya bagi mata.

Kacang-kacangan
Kacang seperti kacang almon dan kacang kenari juga kaya akan omega-3. Selain itu, kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin E yang selain dapat menjaga kesehatan kulit, juga membantu mencegah berbagai penyakit mata degeneratif. Dengan target konsumsi sekitar 15 mg vitamin E sehari, Anda dapat mencapai setengahnya dengan makan 20 butir kacang almon.

Ikan
Ikan, terutama salmon, adalah sumber protein yang bagus untuk kesehatan mata. Salmon kaya akan omega-3 yang merupakan asam amino baik, dan dapat menjaga kesehatan retina. Omega-3 juga dapat membantu mencegah mata kering.

Susu
Susu dan produknya, seperti keju dan yoghurt, juga baik untuk kesehatan mata. Susu mengandung vitamin A dan besi. Vitamin A akan menjaga kesehatan kornea, sedangkan besi merupakan kendaraan yang akan membawa vitamin A dari hati ke mata.

Jeruk
Jeruk dan buah-buahan sitrus lainnya kaya akan vitamin C yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin C membantu menjaga kondisi pembuluh darah yang ada di mata, dan mencegah berbagai penyakit mata degeneratif seperti katarak dan degenerasi makular. Jeruk juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga penting untuk kesehatan mata.

Selain wortel dan keempat makanan tersebut, masih ada beberapa makanan lain yang baik untuk mata, seperti telur, tiram, madu, dan lain-lain. Mari jaga kesehatan mata dengan menjalankan pola makan yang seimbang!

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA